NAJIB, MUHAMMAD AMINUDDIN and WIDODO, MUHAMMAD NAUFAL (2019) DESIGN AND ANALYSIS OF STEEL BOX GIRDER FOR HIGHWAY BRIDGE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (423kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (12kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (482kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (343kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (300kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (312kB) |
Abstract
Girder adalah balok jembatan yang terletak di antara dua penyangga, atau penyangga dan tiang jembatan, atau antara dua tiang jembatan. Struktur bagian atas jembatan yang termasuk gelagar berfungsi untuk menopang pelat lantai jembatan dan meneruskannya ke penyangga atau tiang jembatan. Dari segi bentuknya ada beberapa gelagar jembatan, gelagar jembatan dengan tipe I, gelagar jembatan persegi panjang, dan box girder. Desain dan metodologi dirangkum dalam beberapa tahap sebagai berikut; tahap pertama adalah desain awal dan penentuan data struktur atas jembatan. Yang kedua adalah perhitungan dek baja. Yang ketiga adalah perhitungan dimensi box girder dan penentuan dimensi efektif jembatan, yang keempat adalah analisis bagian box girder, yang kelima adalah perhitungan pembebanan berdasarkan AASHTO LRFD 2012. Keenam adalah analisis struktural. Ketujuh adalah perhitungan momen plastis. Yang kedelapan adalah pemeriksaan struktur. Tahap kesembilan adalah perhitungan shear connector, pelat sambung, dan pengaku. Perhitungan menunjukkan bahwa profil box girder di area bentang tengah yang memenuhi persyaratan memiliki ketabalan badan 1600 mm dan lebar 25 mm, lebar sayap atas 600 mm dengan tebal 30 mm, lebar sayap bawah 170 cm dengan ketebalan 30 mm. Diperoleh nilai momen ultimit karena beban gabungan tidak melebihi momen ultimit akhir yaitu Mu = 19681,79 kNm dan total lendutan lantai jembatan yang terjadi 0,0749 mm tidak melebihi lendutan yang diijinkan yaitu 6 mm. Keywords: Jembatan; Girder; Box Girder Baja
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 06:01 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 06:01 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14742 |
Actions (login required)
View Item |