Substruktur dan Pondasi pada Jembatan Selat Sunda

HAKIM, MOHAMAD TAUFIQUL and Winanda, Harguna Jalu (2019) Substruktur dan Pondasi pada Jembatan Selat Sunda. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (927kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (225kB)

Abstract

Transportasi di Selat Sunda dilakukan dengan menggunakan transportasi udara dan Laut. Seiring pertumbuhan ekonomi, jumlah penumpang dan barang untuk menyebrangi Selat Sunda dari Pulau Jawa ke pulau Sumatra meningkat. Karena jumlah penumpang dan barang meningkat sedangkan jumlah kapal feri terbatas, bus dan truk menumpuk di pelabuhan, terutama pada musim hujan atau musim liburan, oleh karena itu diperlukan sebuah jembatan untuk melintasi selat sunda. Pada tugas akhir ini akan didesain bagian struktur bawah dan pondasi dari Jembatan Selat Sunda. Perencanaan dan perhitungan struktur bawah jembatan dimulai dengan perencanaan awal yaitu menentukan beban-beban yang terjadi pada struktur atas. Lalu dilanjutkan dengan menghitung struktur pada area substructure meliputi perencanaan abutment, pier, dan pondasi. Untuk menentukan pembebanan struktur jembatan menggunakan Standar Pembebanan untuk Jembatan RSNI T-02-2005. Beban yang diperhitungkan adalah berat sendiri, beban mati tambahan, beban “T”, beban lajur “D”, beban angin, dan beban gempa. Perhitungan struktur bawah diperoleh dimensi abutmen menggunakan lebar 30 m, panjang 36 m dan tinggi 50 m, tulangan utama abutmen menggunakan D32-40 dengan tulangan bagi D16-100 serta tulangan gesernya D16-400/400. Desain untuk pier head menggunakan lebar 17 m, panjang 48 m, dan tinggi 75 m. Untuk kolom pilar menggunakan diameter 4m berjumlah 4 buah. Pondasi untuk pylon menggunakan beton komposit dengan diameter 76 m. Sehingga dari hasil perhitungan tersebut, jembatan selat sunda layak untuk dibangun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:23
Last Modified: 13 Jan 2020 07:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14714

Actions (login required)

View Item View Item