HUBUNGAN DISMENORE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA PUTRI DI PESANTREN MAHASISWA UNISSULA

DEWI, TIAR RAHMAWATI (2019) HUBUNGAN DISMENORE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA PUTRI DI PESANTREN MAHASISWA UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (737kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Latar Belakang : Adolesen (remaja) dimana masa tersulit yang harus dilewati oleh individu. Pada masa ini dimana wanita memiliki gangguan fisik yaitu haid, pada saat haid seorang wanita pasti merasakan dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah nyeri haid yang dirasakan dibagian perut bagian bawah. Konsentrasi belajar adalah perhatian seseorang pada satu objek. Banyak faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar diantaranya yaitu : faktor internal dan faktor eksternal. Methode : Desain dalam penelitain ini menggunakan metode survey analitik melalui pendekatan croos sectional. Sampel pada penelitian ini ada 129 responden dengan teknik purposiv sampling. Data yang di peroleh diolah statistic menggunakan uji sommerd’s. Hasil : Berdasarkan hasil analisa menjelaskan bahwa 14 responden nyeri ringan dengan konsentrasi belajar baik (66,7%); 7 responden nyeri ringan dengan konsentrasi belajar tidak baik (33,3); 39 responden mengalami nyeri sedang dengan konsentrasi belajar baik (44,8%); 48 responden konsentrasi belajar tidak baik (55,2); dan 7 responden dengan nyeri berat konsentrasi belajar baik (38,9%); 11 responden dengan konsentrasi belajar tidak baik (61,1%). Kesimpulan : Ada hubungan antara dismenore dengan konsentrasi belajar pada remaja putri di pesantren mahasiswa unissula dan didapatkan nilai p yaitu 0,020. Kata Kunci : Dismenore, Konsentrasi Belajar, Remaja Putri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:17
Last Modified: 13 Jan 2020 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14678

Actions (login required)

View Item View Item