HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR DI MTs AL-IKHWAN KLITIH KARANGTENGAH DEMAK

Dewi, Dian Kusuma (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR DI MTs AL-IKHWAN KLITIH KARANGTENGAH DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (819kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Latar belakang Prestasi belajar yang baik dapat dicapai tidak lepas dari beberapa faktor. Dukungan teman sebaya merupakan salah satu faktor penting yang menunjang prestasi belajar anak. Dukungan teman sebaya berupa nasehat, motivasi, saling memberikan masukan sehubungan dengan pelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan prestasi belajar. Metode desain dalam penelitian ini menggunakan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul diolah secara statistik menggunakan uji somers’d melalui SPSS 16. Hasil berdasarkan penelitian ini peran orang tua baik sebanyak 88 (75,9%), peran orang tua cukup sebanyak 26 (22,4%), peran orang tua rendah sebanyak 2 (1,7%). Hasil belajar siswa dalam kategori sangat baik, 1 siswa ( 0,9%) dalam kategori baik, 57 siswa (49,1%) dalam kategori cukup 54 siswa (46,6%), dan 4 siswa (3,4%) dalam kategori perlu bimbingan. Terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan teman sebaya dengan prestasi belajar di MTs. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan dengan taraf kesalahan (alpha) 5% nilai p-value atau sig. yaitu 0,003 atau p-value < 0,05 dan nilai kolerasi r=0,269. Simpulan terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan teman sebaya dengan prestasi belajar. Kata kunci dukungan teman sebaya, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:26
Last Modified: 09 Jan 2020 02:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item