Analisis kinerja ruas jalan imam bonjol kota semarang pasca pemasangan median ( studi kasus area pintu keluar stasiun poncol )

ARIANSYAH, HERWIN (2018) Analisis kinerja ruas jalan imam bonjol kota semarang pasca pemasangan median ( studi kasus area pintu keluar stasiun poncol ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (991kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Transportasi memiliki posisi yang penting dan strategis dalam pembangunan di segala sektor kehidupan. Kebutuhan akan sarana mobilitas sangat menunjang dalam setiap bidang kehidupan. Dan Kota Semarang sebagai Ibukota Jawa Tengah juga tengah gencar meningkatkan sarana dan prasarana transportasinya. Kereta Api sebagai salah satu moda transportasi massal dapat dijadikan sarana untuk mengakomodir mobilitas orang yang semakin padat dan meningkat. Salah satu stasiun kereta api di Semarang yakni Stasiun Poncol juga tengah dikaji dan ditingkatkan sarana dan prasarananya. Ruas jalan Imam Bonjol sebagai prasarana jalan di Stasiun Poncol baru-baru ini dipasang median di area pintu keluar Stasiun Poncol dengan harapan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi karena banyaknya kendaraan yang melintas maupun menyebrang dari arah pintu keluar Stasiun Poncol. Analisis kinerja ruas jalan perkotaan yang dilakukan dengan berbagai indikator kinerja yaitu kecepatan arus bebas (FV), kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), kecepatan tempuh dan waktu tempuh rata – rata (TT), serta menganalisis tingkat pelayanan (LOS) kinerja ruas jalan tersebut. Tujuan awal penelitian adalah membandingkan kinerja sebelum dan sesudah pemasangan median, namun dalam proses pengamatan masih ditemukan masalah kemacetan pada waktu-waktu tertentu yakni pada saat kereta menurunkan penumpang dan berdampak pada lonjakan hambatan samping yang sangat tinggi dan berkurangnya jalur lalu lintas efektif (Wc). Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis ruas jalan di area pintu keluar Stasiun Poncol memilik kecepatan arus bebas (FV) = 41,85 km/jam, kapasitas (C) = 4564.56 SMP/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0.66, kecepatan tempuh (V) = 36 km/jam serta tingkat pelayanan (LOS) dikategorikan tingkat C. Berdasarkan hasil pengamatan dan perhitungan pada Desember 2017, ruas jalan Imam Bonjol mengalami peningkatan setelah dipasang median, dengan nilai derajat kejenuhan yang turun sebesar 0.05 dari sebelum pemasangan median sebesar 0.71. Ruas jalan ini masih dapat menampung arus lalu lintas sampai beberapa tahun kedepan, namun kajian lebih lanjut tetap diperlukan untuk menata badan jalan yang semakin menyempit dan ramai. Kata kunci: Jalan Imam Bojol, Stasiun Poncol, Kinerja Ruas Jalan, Hambatan Samping, Median

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:30
Last Modified: 07 Jan 2020 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14459

Actions (login required)

View Item View Item