MAHANINGRUM, FARIDA (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELULUSAN NILAI KNOWLEDGE MODUL KEGAWATDARURATAN MEDIS (Studi Observasional Analitik Tahun Akademik 2018/2019 di Fakultas Kedokteran UNISSULA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (929kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (56kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (91kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (337kB) |
|
Text
babI.pdf Download (67kB) |
|
Text
babII.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text
babV.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (210kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Prestasi akademik dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dalam penelitian ini adalah indeks prestasi kumulatif dan self directed learning readiness (SDLR). Sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan pembelajaran. Prestasi akademik berupa capaian kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis di FK UNISSULA masih rendah dan sejauh ini belum pernah dilakukan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis. Penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional ini menggunakan sampel 195 mahasiswa angkatan 2015 yang mengikuti modul kegawatdaruratan medis tahun akademik 2018/2019. Data SDLR dan lingkungan pembelajaran diukur dengan kuesioner self directed learning readiness scales (SDLR) dan dundee ready educational envirenment measure (DREEM), sedangkan data IPK dan kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis didapat dari program studi pendidikan kedokteran UNISSULA. Data dianalisis dengan uji korelasi spearman dan regresi logistik. Hasil uji korelasi spearman menunjukan ada hubungan antara IPK dengan kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis (p=0,000; r=0,454), tidak ada hubungan antara SDLR (p=0,077; r=0,127) dan lingkungan pembelajaran (p=0,086; r=0,123) dengan kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis. Hasil uji regresi logistik menunjukan IPK berpengaruh terhadap kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis (p=0,000), SDLR dan lingkungan pembelajaran tidak berpengaruh terhadap kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis (p=0,081,p=0,082). IPK adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis (p=0,000; RP=24,858; IK 95%= 8,24-74,992). Kesimpulan penelitian ini IPK merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kelulusan nilai knowledge modul kegawatdaruratan medis tahun akademik 2018/2019. Kata kunci: Prestasi akademik, IPK, SDLR, SDLRS, DREEM, Modul Kegawatdaruratan medis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 02 Jan 2020 06:30 |
Last Modified: | 02 Jan 2020 06:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14374 |
Actions (login required)
View Item |