PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MA AL ANWAR SARANG

Inayah, Nurul (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MA AL ANWAR SARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)

Abstract

Dewasa ini, masyarakat Indonesia semakin jauh dengan hakikat ruh dari sebuah pendidikan itu sendiri. Akses yang mudah dalam mencari informasi tanpa disertai moral mental yang terdidik diera yang serba teknologi ini, merupakan salah satu bentuk pengaruh negative yang menyerang tujuan dari nilai-nila pendidikan yaitu beriman dan bertakqwa pada Allah Yang Esa, dan berbudi pekerti. Gagalnya pendidikan akhlak selama ini disebabkan karena kosong atau kurangnya konsep keimanan dan adab pada masyarakat. Sebab dari itu untuk menyelamatkan masyarakat dari pengarauh akhlak madzmumah maka perlunya penyelamatan anak-anak didik dengan cara membentuk pribadi yang berakhlak atau berbudi pekerti. Asy Syekh Burhan Ad-Din Ibrahim Az-Zarnuji adalah salah satu tokoh ulama yang sangat memperhatikan dunia pendidikan islam yang mana karya munumentalnya digunakan sebagai salah satu refrensi dalam pembentukan akhlak . Kitab ini biasanya dikaji dalam lingkup pesantren sebagi salah satu acuan dalam pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan field research dengan metode kuantitatif bertujuan megetahui seberapa variable X mempengaruhi variable Y. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil rata-rata nilai angket pembelajaran peserta didik yaitu 70% menunjukan kreteria baik. Hasil rata-rata angket akhlak peserta didik yaitu 65%. Keputusan akhir variabel pembelajaran ta’lim muta’allim menghasilkan nilai sebesar 0,984 0,05, yang artinya variabel (X) di MA Al Anwar Sarang tidak berpengaruh terhadap variabel akhlak (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:58
Last Modified: 27 Dec 2019 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14266

Actions (login required)

View Item View Item