Analisis Pengaruh Bentuk Paving Block Terhadap Kelendutan Perkerasan Jalan

PRATAMA PUTRA, ADHIETYA (2018) Analisis Pengaruh Bentuk Paving Block Terhadap Kelendutan Perkerasan Jalan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkerasan paving block atau Concrete Block Pavement (CBP) banyak digunakan dan menjadi pilihan yang menarik untuk perkerasan jalan. Variasi bentuk yang banyak dan mudah di aplikasikan sehingga menjadikan paving block sering digunakan pada perkerasan perkerasan jalan di kawasan perkotaan maupun perumahan,paving block dibedakan menjadi 3 kategori yaitu four dented, two dented dan no dented. Ketiga jenis kategori paving block tersebut memiliki spesifikasi dan bentuk penguncian atau interlockingnya yang berbreda. Dengan menganalisa beberapa kategori paving block menggunakan portal dan alat sederhana yang bertujuan untuk mengetahui lendutan yang terjadi serta interlockingnya dengan menggunakan laying patern yang bebeda dan jarak sambung paving 3 mm, 4 mm, 5 mm. Analisa hasil praktikum yang didapatkan lendutan maksimum pada paving block bentuk bata menggunakan laying patern Strecher bond dan tanpa menggunakan bedding sand sebesar 5,8 cm. dan lendutan terkecil terjadi pada paving unipave (cacing) dengan jarak sambung sebesar 3 mm yaitu sebesar 1,3 cm. Lendutan itu terjadi bahwa bentuk-bentuk paving block sangat mempengaruhi terhadap kelendutan paving block, sehingga semakin besar ukuran tebal dan bentuk paving block maka kelendutan yang terjadi pada paving block semakin besar dan itu di miliki pada paving block jenis bata, sedangkan jika paving block memiliki ukuran tebal dan bentuk yang lebih kecil maka kelendutan yang terjadi pada paving block tersebut semakin kecil. Interlocking pada paving block juga mempengaruhi kelendutan yang terjadi pada paving block, Interlocking yang terjadi pada paving blok ketiga jenis yang kami gunakan mempunyai penguncian yang berbeda. Semakin besar jarak interlockingnya pada paving block Unipave, unidecore maupun bata maka lendutan yang terjadi akan semakin besar. Tetapi jika paving block memiliki interlocking semakin kecil maka akan mengurangi lendutan yang terjadi pada paving block. Kata Kunci : paving block unipave, unidecor , bata, lendutan, interlocking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:39
Last Modified: 27 Dec 2019 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item