MUTMAINAH, NISA UL (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 34 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (370kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (324kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (194kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (299kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (796kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (495kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
Abstract
Belajar pada hakikatnya adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh seseorang yang menghasilkan perubahan tingkah laku (Dimyati dan Mudjiono, 2009, hal. 18-25), belajar berkaitan pula dengan hasil, belajar yang merupakan proses atau aktivitas mental akan menghasilkan sesuatu yang disebut dengan hasil belajar. Hasil belajar sendiri tampak dalam perubahan-perubahan tingkah laku seseorang yang di dapat setelah melalui proses belajar. Di dalam proses belajar terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, yang bisa mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan dari aktivitas belajar. Faktor-faktor tersebut datang dari dalam diri maupun dari luar, faktor-faktor itu juga menentukan dari hasil belajar peserta didik. Daniel golemen seorang ahli psikologi dari Universitas Harvard berpendapat bahwa para ahli psikologi sepakat kalau IQ hanya mendukung sekitar 20% faktor yang menentukan keberhasilan, sedangkan 80% sisanya berasal dari faktor lain, termasuk kecerdasan emosional. Pendapat inilah salah satu yang mendasari pentingnya peneliti untuk membahas pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang memiliki tiga tujuan yakni, untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang, untuk mengetahui hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang dan bertujuan untuk menjelaskan ada atau tidak adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, metode observasi dan metode dokumentasi, serta metode pengolahan data menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana, dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 22. Populasi penelitian diambil dari keseluruhan peserta didik kelas VIII sebanyak 285, dikarenakan populasi melebihi 100 orang maka digunakan teknik pengambilan sampel yakni “simple random sampling” guna mempermudah peneliti dalam menggali data, menurut teori Suharsimi Arikunto, diperkenankan menggunakan sampel apabila populasi melebihi 100 orang dengan presentase antara 10%-15% atau 20%-25%, dalam penelitian ini digunakan 15% untuk mengakumulasi sampel, sehingga menghasilkan sample sebanyak 42 peserta didik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 34 Semarang, melalui uji hipotesis menyatakan bahwa ada pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti, dari tabel anova (uji f) menghasilkan sebesar nilai fhitung sebesar 22,582 dan ftabel sebesar 4,08, dikarenakan nilai fhitung lebih besar dari nilai ftabel maka menunjukan adanya pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti. Dan pengaruh tersebut bersifat signifikan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar sebesar 0,00 sedangkan nilai probabilitas 0,05 (5%), karena signifikan f < (lebih kecil) dari pada nilai probabilitas, sehingga menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang. Kesimpulan dari penelitian ini, kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII menunjukan kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 91 dan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti menunjukan kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 107. Pengolahan data menggunakan rumus regresi linier sederhana menunjukan adanya pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII dan dilihat dari signifikan atau tidaknya kedua variabel tersebut, menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, PAI dan Budi Pekerti, Peserta Didik, Pengaruh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 06:38 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 06:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14252 |
Actions (login required)
View Item |