IMPLEMENTASI METODE QAWAID WA TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK

HUDA, MIFTAKHUL (2019) IMPLEMENTASI METODE QAWAID WA TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Skripsi ini mendeskripsikan tentang penerapan metode qawaid wa tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab disalah satu sekolah swasta yang ada di Mranggen yaitu MA Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena sebagian peserta didik berasal dari santri kalangan pondok pesantren dan sebagiannya lagi berasal dari kalangan umum yang mana dari kalangan umum mengalami kebutaan dalam bahasa Arab. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek, yaitu: bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam mendidik peserta didik menggunakan metode qawaid wa tarjamah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode qawaid wa tarjamah, dan yang terakhir adalah bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode qawaid wa tarjamah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu bersifat kualitatif-deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian semua data dianalisis. Perencanaan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode qawaid wa tarjamah seorang guru mempersiapkan RPP, sedangkan pelaksanaan di dalam kelas melalui tiga tahapan, yaitu tahapan pembukaan, tahapan inti, dan tahapan penutup. Penilaian pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode qawaid wa tarjamah dengan cara tes tertulis dan tes lisan. Kata kunci: perencanaan metode qawaid wa tarjamah, pelaksanaan metode qawaid wa tarjamah, penilaian metode qawaid wa tarjamah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:27
Last Modified: 27 Dec 2019 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item View Item