IMPLEMENTASI METODE AMTSAL AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs AN-NIDHAM KALISARI SAYUNG DEMAK

SAFI’I, MAULANA (2019) IMPLEMENTASI METODE AMTSAL AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs AN-NIDHAM KALISARI SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (602kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang berfungsi sebagai pedoman hidup bagi manusia serta diyakini mampu menjawab berbagai persoalan dan masalah yang dihadapi oleh umat manusia di seluruh dunia. Dari pengertian ini tersirat makna bahwa ayat-ayat suci Al-Qur’an berisi konsep pendidikan dari Allah kepada umat manusia. Dalam konteks pendidikan agama Islam, pendidikan bukan sekedar proses tranmisi atau alih budaya, ilmu, pengetahuan, dan teknologi, tetapi juga proses penanaman nilai yang berguna untuk membina dan mendasari kehidupan setiap manusia. Dalam pendidikan Islam, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri, karena metode menjadi sarana yang memberi makna pada materi, tanpa metode, materi pelajaran yang diajarkan tidak dapat berproses secara efisien dan efektif dalam mengejar tujuan Dalam hal ini, maka jelas bahwa al-Qur’an yang berkedudukan sebagai sumber utama pendidikan agama Islam memiliki beberapa metode yang dapat dijadikan alat oleh seorang guru dalam memandu pembelajaran agama Islam. Seperti yang dikemukakan oleh anNahlawi, bahwa di dalam al-Qur’an terdapat beberapa metode. Antara lain; metode Hiwar, metode Kisah, metode Amtsal. Mengingat betapa pentingnya pendidikan agama Islam dalam membentuk peserta didik yang memiliki akidah yang kuat serta ahklak yang mulia, maka pendidikan agama Islam perlu diajarkan sebaik-baiknya dengan memakai metode dan alat yang tepat serta manajemen yang baik. Di MTs An-Nidham Sayung Demak sudah menerapkan metode Amtsal dalam pembelajaran akidah akhlak dengan baik. Kata kunci : Metode, Amtsal, akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:26
Last Modified: 27 Dec 2019 06:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item