Fathiyyah, Husnil (2019) IMPLEMENTASI METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ AL FATHIYYAH DESA NGEMPLAK KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (205kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (461kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (367kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (186kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (553kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
Abstract
Al-Quran merupakan wahyu Allah yang dapat diterima dengan cara dibaca, belajar al-Quran adalah kewajiban yang suci dan mulia, belajar membaca alQuran memerlukan metode sehingga memudahkan santri dalam membaca alQuran dengan baik dan benar sesuai makharijul huruf dan kaidah tajwid. Metode Iqra’ merupakan metode pembelajaran al-Quran yang memiliki karakteristik yang relatif mudah diterapkan untuk tingkat pemula dalam belajar membaca al-Quran. Pada tahun 1991 Menteri Agama RI saat itu bapak Prof.Munawir Syadjali meresmikan metode iqro’ sebagai metode membaca alQuran yang berlaku untuk seluruh Indonesia dengan Juz’Amma, dimana didalamnya dilengkapi surat-surat pendek dari al-Quran juz 30. Metode Iqra’ banyak digunakan sebagai metode pembelajaran al-Quran khususnya di TPQ Al Fathiyyah, dan umumnya di wilayah Indonesia. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan metode iqro’ dalam pembelajaran membaca al-Quran di TPQ Al Fathiyyah Ngemplak. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif, Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena secara utuh dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Kemudian pelaksanaan metode iqro’ dalam pembelajaran membaca al-Quran di TPQ Al Fathiyyah dilakukan di kelas/jilid masing-masing, pada setiap jilid/kelas ada satu atau dua ustadz/ustadzah yang mengajar, setiap santri yang dipanggil namanya maju kedepan untuk membaca iqro’, kemudian ustadzah menyimaknya, setelah selesai, ustadzah memberi penilaian apakah santri ini bisa naik ke halaman berikutnya, atau mengulang kembali halaman yang diajukan tadi. Dengan demikian, harapannya santri di TPQ Al Fathiyyah lebih giat dan bersemangat dalam belajar membaca Al-Quran dengan menggunakan iqro’. Kata Kunci : Implementasi, metode Iqro’
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 06:33 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 06:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14219 |
Actions (login required)
View Item |