UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KARANGMALANG MIJEN SEMARANG

SHIDDIQ, AHMAD (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KARANGMALANG MIJEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)

Abstract

Kata Kunci : Kompetensi Profersional, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Penelitian ini yang menjadi sumber informasi adalah Kepala Sekolah dan guru pendidikan Agama Islam. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Karangmalang Mijen Semarang tahun pelajaran 2018/2019 berdasarkan dengan Undang-undang no. 16 tahun 2007 tentang kompetensi professional guru. Penulis berharap Semoga penelitian ini bisa bermanfaat bagi guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Karangmalang Mijen Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain : (1) Metode observasi ini diguakan untuk memperoleh data-data tentang kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam, (2) Metode wawancara digunakan untuk mencari data tentang guru profesional dengan mengetahui terkait persiapan guru pendidikan agama Islam sebelum mengajar di kelas dan sesudah mengajar dan proses pembelajaran kepada siswa pada materi yang disampaikan kepada siswa sesuai tidak terkait kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam, (3) Metode dokumentasi digunakan untuk memperoloeh data tentang gambaran SD Negeri Karangmalang Mijen Semarang, seperti sejarah singkat, visi, misi, tujuan, struktur organisasi, keadaan guru dan siswa, sarana dan prasarana dan kegiatan ektrakulikuler di sekolah. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif menggunakan metode induktif dan dekduktif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu tentang kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam adalah tentang penguasaan materi pelajaran guru pendidikan agam Islam, memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, dan mengembangkan keprofesional yang berkelanjutan dengan tindakan reflektif. Dengan kompetensi professional guru yang diterapkan di kelas 4,5 dan 6 memiliki kompetensi professional yang cukup baik dengan melihat penguasan materi dalam proses pembelajaran serta mengembangkan materi yang diajarkan dengan pengetahuan yang relevan serta melakukan tindakan reflektif agar siswa mengingat kembali materi serta supaya siswa aktif dalam belajar yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang memuat di dalam terdapat indikator-indikator pencapain siswa baik dinilai dari kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Dec 2019 06:55
Last Modified: 23 Dec 2019 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14148

Actions (login required)

View Item View Item