ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI PEGANDAN 01

Ruhmaida, Aisyah Sri (2019) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI PEGANDAN 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (937kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan berfokus pada kesulitan guru dalam penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik integrative berdasarkan Kurikulum 2013. Banyaknya kesulitan dalam proses penilaian terjadi pada setiap guru sekolah Dasar terutama penilaian dalam Kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan data yang valid mengenai pemahaman guru dalam penerapan penilaian autentik dan kesulitan penilaian autentik yang dihadapi oleh guru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas I – VI SD Negeri Pegandan 01. Variable dalam penelitian ini yaitu terdiri dari variable terikat dan variable bebas. Variabel terikat dari penelitian ini yaitu pelaksanaan penilaian autentik. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu instrument penilaian, metode penilaian dan Kurikulum 2013. Teknik analisis data meliputi wawancara dan analisis dokumen RPP. Kesulitan guru dalam penerapan penilaian autentik meliputi kurangnya pemahaman guru dalam penerapan penilaian autentik, kerancuan dalam membedakan jenis – jenis penilaian autentik, kesulitan dalam penyampaian kisi – kisi dan materi, Kesulitan dalam Penggunaan Instrumen Observasi dalam Penilaian Sikap, Keterbatasan Waktu dalam Proses Penilaian Sikap, kesulitan dalam penilaian produk, kesulitan dalam penilaian kinerja, kurangnya Sarana dan Prasarana dalam Proses Penilaian Keterampilan dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah dalam pembuatan instrumen penilaian. Kata Kunci : Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik Integratif, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:59
Last Modified: 17 Dec 2019 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item View Item