Mailarasati, Mailarasati (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MUATAN IPA KELAS IV SD N GENUKSARI 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (239kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (339kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (121kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (275kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
Abstract
Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep muatan IPA kelas IV SD N Genuksari 02 Semarang. Pemahaman konsep IPA siswa secara umum masih tergolong rendah, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran dengan berbasis masalah dan masalah tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari- hari, sehingga diharapkan dapat tercapainya pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep muatan IPA kelas IV SD N Genuksari 02 Semarang. Kelas sampel diberikan soal tes pemahaman konsep IPA. Data yang diperoleh dianalisis uji hipotesis yaitu uji z dan uji t. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Berdasarkan uji z, diperoleh data dari kelas sampel dengan jumlah 22 siswa, diperoleh Zhitung sebesar 1.17 dan Ztabel sebesar 1.64. Berdasakan perolehan data tersebut menunjukkan Zhitung > - Ztabel dengan angka 1.17 > - 1.64, maka Ho diterima, dan dapat disimpulkan bahwa data akhir model pembelajaran problem based learning tehadap pemahaman konsep muatan IPA dalam kategori efektif sebanyak ≥ 70 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep muatan IPA efektif digunakan sebanyak ≥ 70 %. Berdasarkan ketercapaian indikator kemampuan pemahaman konsep muatan IPA Menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep muatan IPA dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih efektif dibandingkan yang belum menggunakan model pembelajaran problem based learning. Dengan begitu sangat dianjurkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk memperbaiki pemahaman konsep siswa. Kata Kunci : Efektivitas, Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 06:58 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 06:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14035 |
Actions (login required)
View Item |