Iswanto, Isnayni Erfin (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (775kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (76kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (253kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (93kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (147kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa secara umum masih tergolong rendah, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar siswa, diperlukan sebuah inovasi yaitu guru harus mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa. salah satu metode pembelajaran menyenangkan dan menarik yang dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa pada kelas V mata pelajaran matematika melalui metode problem based learnig . penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observarsi dan refleksi. Data dalam penelitian ini diambil dari soal evaluasi, lembar observasi, lembar angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuankomunikasi matematis siswa meningkat, pada siklus I kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh rata-rata 67,44 dengan ketuntasan klasikal mencapai 61,11% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu memperoleh rata-rata 75,56 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80,56%. Dan motivasi belajar siswa juga meningkat, pada siklus I motivasi belajar siswa memperoleh persentase 73,741% dan pada siklus II memperoleh persentase 83,111%. Kata Kunci : kemampuan komunikasi matematis, motivasi belajar, matematika dan metode problem based learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 06:58 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 06:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14034 |
Actions (login required)
View Item |