Kurniawan, Ari (2019) EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 MANGUNREKSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (906kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (186kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (41kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (125kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (243kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (205kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
Abstract
Kemampuan siswa masih kurang dalam berpikir kritis pada pembelajaran IPA, hal tersebut tergolong masih rendah. Penggunaan model atau metode pembelajaran sangatlah penting untuk mengukur seberapa pemahaman siswa dengan pembelajaran yang telah siswa terima selama mengikuti pelajaran. model yang akan di pakai saat pembelajaran model Problem Solving, dengan penggunaan model ini akan membuka jalan pemikiran siswa yang semula merasa takut dengan pembelajaran akan menjadi sangat kritis dalam menggapi pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Hasil analisis data akhir dapat disimpulkan bahwa ;1) rata-rata juga menunjukkan tingkat kemampuan berpikir kritis IPA dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode ceramah. Dibuktikan dengan hasil dari perhitungan yaitu –ttabel < thitung > ttabel dengan angka -2.0106 <42.809> 2.0106, maka Ho ditolak sedangkan Hα diterima ; 2) ketuntasan KKM kemampuan berpikir kritis IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis IPA siswa dengan menggunakan metode ceramah. Dapat dilihat bahwa persentase indikator tertinggi dikelas eksperimen yaitu 92% pada indikator 2 dan persentase pencapaian indikator terendah dikelas eksperimen yaitu 66% pada indikator 5. Sedangkan persentase indikator tertinggi dikelas kontrol yaitu sebesar 82% pada indikator 2 dan persentase pencapaian indikator terendah dikelas kontrol yaitu sebesar 39% pada indikator 5. Sehingga kemampuan berpikir kritis IPA siswa telah memenuhi KKM. Kata Kunci : Efektivitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Solving
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 06:56 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 06:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14031 |
Actions (login required)
View Item |