PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN BERPIKIR KRITIS IPA MATERI PENGARUH GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI JOHO 03

Mahanani, Herlinda Zascya (2019) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN BERPIKIR KRITIS IPA MATERI PENGARUH GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI JOHO 03. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatan rasa ingin tahu dan berpikir kritis IPA materi pengaruh gaya melalui metode eksperimen Di Kelas IV SDN Joho 03, kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Joho 03 yang berjumlah 19 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek berpikir kritis siswa dalam setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata IPA yaitu 67,75 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,5%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 85,48 dengan tuntas belajar klasikal 85,74%, maka terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Rasa ingin tahu siswa pada siklus I yaitu 75,44% sedangkan pada siklus II yaitu 86,9%.Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi pengaruh gaya dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa, dan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Berpikir Kritis, Eksperimen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:55
Last Modified: 17 Dec 2019 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item