PENGARUH SELF EFFICACY DAN KETERAMPILAN KOOPERATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Ratnawati, Dewi (2019) PENGARUH SELF EFFICACY DAN KETERAMPILAN KOOPERATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (589kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Penenlitian ini merupakan penelitian the one shot case study design yang bertujuan untuk mengetahui self efficacy dan keterampilan kooperatif terhadap Kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel tahun pembelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini self efficacy (X_1 ) dan keterampilan kooperatif (X_2 ) berperan sebagai variabel bebas dan kemampuan penalaran matematis siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada tahun pembelajaran 2018/2019. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel 1 kelas dengan jumlah 34 siswa. Pengambilan data dilakukan engan tiga instrumen yaitu observasi, angket dan tes. Observasi digunakan untuk memperoleh data keterampilan kooperatif, sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data self efficacy, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan penalaran matematis. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistic yaitu SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Rata-rata kemampuan penalaran matemtis siswa mencapai KKM sebesar 70 dengan ketuntasan 75.24. (2) terdapat pengaruh yang positif self efficacy dan keterampilan kooperatif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran Cooperative script di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang diketahui bahwa sebesar 83.5% , diperoleh persamaan struktur yaitu Y=32.546+0.354X_1+0.263X_2. maka disimpulkan bahwa self efficacy dan keterampilan kooperatif berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran Cooperative script di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dan ketuntasan KKM pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel tahun pembelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Self Efficacy, Kemampuan Penalaran Matematis, Keterampilan Kooperative, Cooperative Script

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:53
Last Modified: 17 Dec 2019 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item