Keefektifan Resource Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar

Supraptono, Eko Wahyu (2019) Keefektifan Resource Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (758kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Kata Kunci : Resource Based Learning, Geogebra , Kemampuan Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu fokus pembelajaran yang penting dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah pembelajaran model Resource Based Learning. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan bangun ruang sisi datar dengan kriteria : (1) rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran resource based learning berbantuan geogebra pokok bahasan bangun ruang sisi datar lebih dari rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan model jigsaw; (2) rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran resource based learning berbantuan geogebra pokok bahasan bangun ruang sisi datar mencapai KKM sebesar 70; (3) terdapat pengaruh aktivitas dan motivasi siswa dalam pembelajaran Resource Based learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Juwana tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data penelitian menggzunakan metode tes, metode observasi, dan metode angket. Pengujian data dengan α=5% meliputi uji sampel, uji instrumen tes, dan uji hipotesis penelitian. Penelitian menggunakan uji t dua sampel, uji t satu sampel, dan regresi linier berganda, untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil Independent Sampel T Test menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 89,71 lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas kontrol sebesar 80,60 dengan selisih sebesar 9,11, (2) hasil one sample T Test diperoleh nilai mean sebesar 89,71 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang dapat diartikan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mencapai KKM 70, (3) hasil uji regresi linier ganda menunjukkan adanya pengaruh motivasi dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 39,3 % dan dapata disajikan dalam model persamaan regresi linier berganda Y ̂= 1,450 +0.605X_1 + 0,514X_2. Oleh karena itu, model pembelajaran Resource Based Learning berbantuan geogebra meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:45
Last Modified: 17 Dec 2019 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14006

Actions (login required)

View Item View Item