PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN METODE KONSTRUKTIVISME DAN MEDIA TEKS BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAYUNG

Setiani, Yuliantika Indah (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN METODE KONSTRUKTIVISME DAN MEDIA TEKS BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAYUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Kata Kunci: Teks Wawancara, narasi, Metode Konstruktivisme, Media Teks Gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat siklus, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP 3 Sayung Kabupaten Demak berjumlah 31 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa mengubah teks wawancara menjadi narasi dan teknik nontes berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini difokuskan pada permasalah yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan mengubah tek wawancara menjadi narasi menggunakan medote konstruktivisme dan media teks bergambar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan metode konstruktivisme dan media teks bergambar mengalami peningkatan nilai, perubahan sikap, dan peningkatan motivasi dari tahap prasiklus, hingga siklus siklus III. Peningkatan dapat dilihat dari peningkatan skor hasil tes mengubah teks wawancara menjadi narasi pasa setiap siklus. Rata-rata siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi sebelum adanya tindakan berkategori kurang dari KKM. Namun setelah diterapkanya metode pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi dan media teks bergambar selama tiga siklus, rata-rata keterampilan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi berkategori baik dan kategori sangat baik. Peningkatan hasil dapat dilihat pada rata-rata menulis siswa pada setiap siklus. Skor rata-rata siswa pada tahap prasiklus sebesar 38,62, pada tahap siklus I dengan rata-rata 55,47, kemudian pada tahap siklus II meningkat dengan rata-rata 70,19, dan pada siklus III meningkat dengan rata-rata 84,90. Perubahn sikap juga dibuktikan dengan perubahan kategori angket sikap dari prasiklus kurang baik kemudian pada siklus I menjadi baik, siklus II dan siklus III menjadi sangat baik. Sedangkan motivasi dibuktikan pada observasi dan angket yang semula tidak baik pada prasiklus, siklus I menjadi baik, siklus II dan siklus III menjadi sangat baik. Dengan demikian, pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi sudah megalami peningkatan setelah diberi tindakan berupa metode konstruktivisme dan media teks bergambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:27
Last Modified: 17 Dec 2019 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13992

Actions (login required)

View Item View Item