PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN GRABBIKE DI KALANGAN MAHASISWA UNISSULA SEMARANG

Artikawati, Intan Dwi (2019) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN GRABBIKE DI KALANGAN MAHASISWA UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (856kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Jasa transportasi berkembang begitu pesat, didukung pula dengan kebutuhan masyarakat yang menggunakan transportasi untuk menunjang rutinitasnya setiap hari. PT Grab Indonesia menjadi salah satu transportasi ojek berbasis online yang marak digunakanan masyarakat. Penggunaan jasa transportasi ojek online di Semarang tentu menimbulkan beberapa hal. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa keluhan yang dilontarkan pada pihak Grab terkait pelayanan Grabbike yang kurang prima. Disisi lain Grab memberi promo potongan harga yang cukup menggiurkan. Tetapi terkadang promo tersebut tidak bisa digunakan, meskipun masa berlakunya masih ada. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen Grabbike dan pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen Grabbike. Dengan metode penelitian Explanatori. Responden dalam penelitian ini sejumlah 100 orang mahasiswa Unissula Semarang, menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengujian SPSS menyatakan : Uji Validitas kuesioner dalam penelitian ini, 30 item pertanyaan memiliki rHitung>rTabel, maka kuesioner dinyatakan valid. Kemudian Uji Reliabilitas ketiga variabel memiliki nilai Alpha>rTabel, maka ditanyatakan reliabel.Uji Normalitas penelitian ini menyatakan nilai Sig>0,05 maka data terbukti bedistribusi normal. Koefisisien determinan penelitian ini sebesar 0,517 jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan variabel kualitas layanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen berada pada tingkat Sedang. Hasil temuan dalam penelitian ini yakni kedua hipotesis diterima. Terdapat pengaruh positif kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari hasil tHitung sebesar 3,843 dengan nilai signifikansi 0,000. (0,000<0,05) maka hipotesis diterima sesuai dengan tujuan penelitain. Terdapat pengaruh positif promosi terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari hasil tHitung sebesar 4,433 dengan nilai signifikansi 0,000. (0,000<0,05) maka hipotesis diterima sesuai dengan tujuan penelitain. Akan tetapi persaingan dalam industri transportasi berbasis online sangat ketat, karena industri digital memungkinkan untuk selalu melakukan perubahan berkelanjutan. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Promosi, Kepuasan Konsumen, Transportasi Online, Grabbike

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:24
Last Modified: 17 Dec 2019 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13986

Actions (login required)

View Item View Item