NURULLIANA, DESY (2018) A Comparison Study Of Design Of Flexible And Rigid Pavement. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (57kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (602kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (318kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (151kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (661kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (73kB) |
Abstract
Sejak awal manusia, transportasi, terutama transportasi darat telah menjadi aspek utama dalam kehidupan manusia. Komunikasi dan perdagangan tidak akan mungkin terjadi tanpa itu. Untuk tujuan ini, ribuan kilometer jalan telah dibangun di seluruh dunia. Dalam perkembangannya, perkerasan jalan dapat secara luas diklasifikasikan menjadi dua jenis, perkerasan lentur dan kaku. Untuk mendapatkan perkerasan dengan kondisi yang baik, diperlukan desain yang tepat. Maka dari itu tugas akhir ini memiliki tujuan untuk membuat desain baik untuk perkerasan lentur dan perkerasan kaku. Perhitungan struktur perkerasan akan dilakukan menggunakan metode AASHTO 1993. Metode AASHTO memiliki tahapan dan perkembangan sehingga akan dikhususkan untuk menggunakan Metode AASHTO 1993. Penelitian dimulai dengan penyelidikan tanah yang ada pada jalan Semarang – Purwodadi, lalu mengumpulkan data lalu lintas yang diambil dari data lalu lintas harian rata – rata tahun 2016 DPU. Bina Marga Cipta Karya, dan berlanjut dengan perhitungan perkerasan kaku dan lentur. Perhitungan menggunakan tiga tanah dasar yang berbeda diambil dari laporan investigasi tanah Semarang - Godong - Purwodadi - Wirosari yang dilakukan oleh PT. Hasfarm Dian Consultan dengan nilai California Bearing Ratio (CBR) dengan nilai CBR <2%, CBR 2-3% dan CBR> 3%. Umur rencana untuk desain perkerasan adalah 20 tahun untuk perkerasan lentur dan perkerasan kaku. Hasil desain adalah ketebalan perkerasan lentur untuk CBR <2% = 56", CBR 2-3% = 43", dan CBR> 3% = 33 ". Sedangkan ketebalan overlay untuk CBR <2% = 5,2", CBR 2-3% = 5.5", CBR> 3% = 4.7". Hasil untuk perkerasan kaku adalah CBR <2% = 14", CBR 2-3% = 14", dan CBR> 3% = 13". Dapat disimpulkan bahwa perkerasan lentur dan perkerasan kaku di jalan Semarang - Purwodadi dengan beban yang sama dan dengan umur rencana yang sama lebih baik menggunakan desain perkerasan kaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 07:15 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 07:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13757 |
Actions (login required)
View Item |