SOLEKAN, MOHAMMAD (2018) Perancangan Struktur Atas Jembatan Dengan Rangka Busur Baja ( Studi Kasus : Jembatan Gedangan Tawa Timur ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (160kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (24kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (316kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (91kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (162kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (287kB) |
Abstract
Jembatan merupakan suatu konstruksi yang dibuat untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, sungai, danau, saluran irigasi, jalan kereta api, jalan raya yang melintang sebidang dan lain-lain. Ada banyak rancangan yang berbeda yang masing-masing rancangan mempunyai tujuan tertentu dan berlaku untuk situasi yang berbeda. Desain jembatan sangat tergantung pada fungsi jembatan, sifat medan di mana jembatan dibangun, bahan yang digunakan untuk membuatnya, dan dana yang tersedia untuk membangunnya. Seiring perkembangan zaman, ada banyak jenis dan tipe jembatan salah satunya jembatan rangka busur. Jembatan rangka busur adalah sebuah jembatan dengan kepala jembatan di setiap akhir berbentuk seperti kurva melengkung. Lengkungan jembatan bekerja dengan memindahkan berat dari jembatan dan beban yang tertahan oleh kepala jembatan di kedua sisi. Perancangan jembatan busur rangka dipengaruhi oleh panjang bentang dan beban yang ada di atas, karena panjang bentang dan berat beban sebagai penentu bentuk dan material yang akan digunakan. Perencanaan ini bertujuan untuk merancang dan menghitung struktur jembatan jalan raya dengan rangka busur baja. Tahap awal perencanaan adalah perhitungan lantai kendaraan, sandaran dan trotoar. Kemudian dilanjutkan dengan perencanaan gelagar memanjang dan melintang sekaligus perhitungan sambungan dan shear connector. Memasuki tahap konstruksi pemikul utama dilakukan perhitungan beban–beban yang bekerja, kemudian setelah didapatkan gaya–gaya yang bekerja dilakukan perhitungan kontrol tegangan dengan cara dianalisa menggunakan program SAP 2000 versi 14. Selanjutnya dilakukan perencanaan konstruksi pemikul utama juga dilakukan perencanaan konstruksi sekunder yang meliputi ikatan angin atas, ikatan angin bawah dan portal akhir. Kemudian memasuki tahap akhir dari perencanaan struktur atas dilakukan perencanaan dimensi perletakan. Hasil perancangan struktur atas untuk jembatan rangka busur ini didapatkan lantai kendaraan berupa balok komposit dengan dimensi profil untuk gelagar melintang berupa WF 900 x 300 x 16 x28 dan gelagar memanjang yaitu WF 450 x 300 x 10 x 15 dengan menggunakan mutu baja BJ 50, Struktur utama busur berupa profil WF 400 x 400 x 30 x 50 dan WF 400 x 400 x 15 x 15, batang penggantung menggunakan profil WF 400 x 200 x 7 x11 dengan mutu baja BJ 50, Struktur sekunder berupa ikatan angin atas dengan dimensi profil yaitu WF 200 x 200 x 10 x 16 (horizontal) dan WF 250 x 250 x 11 x 11 (diagonal), ikatan angin bawah menggunakan profil WF 200 x 200 x 10 x 16 (diagonal), sedangkan untuk dimensi portal akhir berupa profil WF 400 x 400 x 30 x 50 (balok) dan busur (kolom) menggunakan mutu baja BJ 50. Sehingga didapatkan kontrol lendutan maksimum pada rangka batang sebesar 7,351 cm < 7,5 cm dari lendutan ijin yang di perbolehkan, maka dapat disimpulkan bahwa konstruksi rangka busur tersebut aman dan memenuhi persyaratan yang di ijinkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 07:10 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 07:10 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13747 |
Actions (login required)
View Item |