SOEMEDYO, SOEMEDYO (2018) PENERAPAN EXHAUST GAS BOILER SEBAGAI PENGGERAK TURBO GENERATOR BERKAPASITAS 800 KW UNTUK EFISIENSI BBM DI KAPAL TANKER. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (728kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (289kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (83kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (75kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (337kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (101kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (863kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
Abstract
Upaya penghematan pemakaian bahan bakar pada kapal tangker mutlak dilakukan sebab dalam pelayaran selalu menghadapi gelombang dan arus yang menghambat laju kecepatan kapal sehingga waktu pelayaran menjadi lebih lama. Apabila hal ini terjadi maka pemakaian bahan bakar kapal akan meningkat dan terjadi pemborosan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penghematan bahan bakar pada kapal tangker sebagai kapal suplay minyak untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dalam negeri. Penghematan dilakukan dengan memanfaatkan energi panas gas buang mesin induk penggerak kapal sebagai pembangkit uap pada exhaust gas boiler (EGB). Proses produksi uap berlangsung pada saat kapal dalam kondisi berlayar dimana mesin induk telah mencapai putaran maksimal. Exhaust gass boiler bekerja memproduksi uap bertekanan 16,5 bar dipergunakan sebagai penggerak turbo generator menggantikan fungsi mesin bantu (auxiliary engine) bekerja sebagai pembangkit tenaga listrik selama kapal dalam pelayaran. Guna menjamin kondisi system produksi uap tetap normal pada tekanan kerja sehimgga sistem kerja turbo generator tetap stabil untuk itu exhaust gas boiler dilengkapi peralatan otomatic baik pada sistem suplai air pengisi maupun sistem penyalaan burner auxiliary boiler. Dengan demikian selama kapal dalam pelayaran semua kebutuhan tenaga listrik dibebankan pada turbo generator, sehingga secara praktis dengan penerapan system ini dihasilkan penghematan pemakaian bahan bakar kapal jenis MFO / MDO mencapai 11,2% pada setiap pelayaran. Kata kunci : Tanker ship, ketel gas buang, turbo generator, efisiensi bahan bakar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Teknik elektro |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 06:55 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 06:55 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13711 |
Actions (login required)
View Item |