Efektifitas Ekstrakulikuler dalam Peningkatan Ketrampilan Ibadah Peserta Dididk Di sekolah Muhammadiyah(Studi kasus SD Muhammadiyah 08 dan SD Muhammadiyah 17 Kota Semarang tahun 2018)

Prayitno, Eko (2018) Efektifitas Ekstrakulikuler dalam Peningkatan Ketrampilan Ibadah Peserta Dididk Di sekolah Muhammadiyah(Studi kasus SD Muhammadiyah 08 dan SD Muhammadiyah 17 Kota Semarang tahun 2018). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (754kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana amal usaha Muhammadiyah khususnya pendidikan mampu mewujudkan cita-cita persyarikatan. Bagaimana upaya Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 17 Kota Semarang meningkatkan keterampilan beribadah peserta didik sehingga peserta didik menjadi insan kamil. Penelitian ini ingin mengetahui kegiatan ekstrakurikuler pada kedua lembaga pendidikan dasar tersebut sudahkah mampu meningkatkan keterampilan ibadah peserta didik khususnya membaca al-Qur’an. Serta mengetahui bagaimana efektivitas dari kegiatan ekstrakurikuler yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif diskriptif, jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah Kepala sekolah, koordinator dan guru kegiatan BTQ (Baca Tulis Qur’an) dan peserta didik. Peneliti melakukan pengamatan langsung dilapangan. Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler BTQ. Teknik penelitian menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan Tes. Teknik wawancara digunakan untuk mencari data melaui dialog dengan sumber penelitian. Teknik observasi digunakan untuk melihat langsung pelaksanaan kegiatan BTQ, dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data guru, data siswa, sarana prasana dan hasil kegiatan. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan ibadah peserta didik membaca al Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan BTQ mampu meningkatkan keterampilan ibadah peserta didik yang meliputi fashahah, tartil, gharib dan tajwid. Kegiatan ekstrakurikuler BTQ efektif untuk meningkatkan keterampilan ibadah peserta didik membaca al Qur’an dengan lancar, cepat, tepat dan benar. Kata Kunci: Ekstrakurikuler, keterampilan beribadah, dan membaca Quran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:30
Last Modified: 26 Nov 2019 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13665

Actions (login required)

View Item View Item