ANALISA KEANDALAN DAN PENENTUAN INTERVAL WAKTU PENGGANTIAN OPTIMUM SPAREPART KRITIS ALAT ANGKAT RUBBER TYRED GANTRY (Studi Kasus : Terminal Peti Kemas Semarang)

HAKIM, LUTFI LUKMAN (2018) ANALISA KEANDALAN DAN PENENTUAN INTERVAL WAKTU PENGGANTIAN OPTIMUM SPAREPART KRITIS ALAT ANGKAT RUBBER TYRED GANTRY (Studi Kasus : Terminal Peti Kemas Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan akan jasa angkutan laut semakin lama semakin meningkat, dimana pelabuhan laut merupakan salah satu sub sistem transportasi laut yang mempunyai fungsi utama, yaitu sebagai tempat yang aman untuk berlabuhnya kapal-kapal dan sebagai terminal transfer barang maupun penumpang melalui angkutan darat dan angkutan laut. Oleh karena itu, Terminal Petikemas Semarang (Pelindo III) harus mampu memenuhi permintaan public akan kebutuhan jasa kepelabuhan. Dalam melakukan pelayanan membutuhkan peralatan pendukung crane sepeti Rubber Tyred Gantry (RTG). Peranan Rubber Tyred Gantry mobilitas sangat penting bagi perusahaan untuk proses bongkar dan muat peti kemas. Dalam pengoperasian Rubber Tyred Gantry sering mengalami kerusakan atau kegagalan, kerusakan yang terjadi pada peralatan ini dapat mengakibatkan terganggunya kelancaran proses bongkar dan muat peti kemas. Hal ini akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan berupa opportunity cost karena berhentinya peralatan akibat kerusakan peralatan secara tiba-tiba dan waktu yang terbuang sia-sia untuk memperbaiki kerusakan pada peralatan Oleh karena itu, aktivitas perawatan peralatan dibutuhkan untuk mencegah kerusakan. Strategi yang tepat untuk menjaga peralatan tetap beroperasi adalah menentukan interval waktu perawatan yang optimal pada sparepart kritis bagi peralatan untuk meminimasi kerugian dari kesempatan produksi yang hilang (opportunity cost).Pendekatan yang digunakan untuk perhitungan interval penggantian berdasarkan umur optimal peralatan dengan menggunakan model Age Replacement. Berdasarkan Dari pengolahan data dan pembahasan yang dilakukan diperoleh sparepart kritis adalah Wirerope, Solid-State Rev Contactor, Limit Switch Trolley dan Brake Pad Set Gantry. Interval waktu penggantian optimum untuk sparepart wirerope yaitu 334 hari, untuk sparepart Solid-State Rev Contactor yaitu 231 hari, serta untuk sparepart Limit Switch Trolley yaitu 390 hari dan untuk sparepart Brake Pad Set Gantry yaitu 301 hari. Penghematan biaya penggantian yang diperoleh jika perusahaan menerapkan kebijakan penggantian sparepart kritis secara terencana untuk sparepart Wirerope sebesar Rp. 12.346.204,- (3,24%) dan untuk sparepart Solid-State Rev Contactor sebesar Rp. Rp. 3.291.395,- (0,98%) dan untuk sparepart Limit Switch Trolley sebesar Rp. 1.982.974,- (3,22%) dan untuk sprepart Brake Pad Set Gantry sebesar Rp. 22.974.956,- (11,92%). Keywords : Sparepart kritis, Perawatan Penggantian, Opportunity cost, Age replacement, Rubber Tyred Gantry

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:30
Last Modified: 19 Nov 2019 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item