MANGGALA, ARDY (2018) PERBAIKAN SISTEM PERAWATAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN USULAN SISTEM INFORMASI PERAWATAN GERBONG DAN KERETA PADA UPT. BALAI YASA TEGAL PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Abstrak.pdf Download (149kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (186kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (290kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (264kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (808kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah memberikan usulan perbaikan sistem perawatan 24 bulan gerbong dan kereta dengan cara mengidentifikasi struktur jaringan kegiatan menggunakan Critical Path Method (CPM) dan mengidentifikasi waktu kerja yang standart dalam melakukan perawatan 24 bulan gerbong dan kereta, serta memberikan usulan sistem informasi perawatan yang diharapkan dapat membantu pertukaran data dan informasi serta dokumentasi pada kegiatan perawatan agar bisa tepat waktu, sehingga akan menjamin tingkat ketersediaan gerbong dan kereta tersebut. Penentuan waktu penyelesaian dan struktur jaringan kegiatan pada perawatan 24 bulan gerbong dan kereta dianalisis menggunakan metode Critical Path Method (CPM), sedangkan perancangan sistem informasi perawatan gerbong dan kereta menggunakan pemodelan terstruktur Data Flow Diagram (DFD), pemrograman HTML dan PHP, dan database MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan sistem perawatan menggunakan metode CPM pada kegiatan perawatan 24 bulan (P24) gerbong dan kereta sudah memiliki waktu yang sudah dapat ditentukan dan memiliki ketetapan, yaitu 6 hari kerja untuk Gerbong GD, 7 hari kerja untuk Gerbong GB, Gerbong GT, dan Gerbong GK, 15 hari untuk Kereta K2, Kereta K3, Kereta KP3, Kereta KMP2, dan Kereta KMP3, 14 hari kerja untuk Kereta M1, Kereta MP2, dan Kereta MP3, serta 12 hari kerja untuk Kereta B dan Kereta P. Sedangkan dengan menggunakan sistem informasi perawatan usulan waktu yang dibutuhkan lebih cepat dalam prosedur kegiatan perawatan, untuk dokumentasi perawatan seluruh informasi dan data sudah tercatat didalam sistem informasi, perkiraan tanggal selesai pada setiap kegiatan perawatan sudah tersedia, waktu penyampaian informasi ke Dipo Induk apabila perawatan telah selesai dilaksanakan lebih cepat yaitu 1 menit, pelaporan untuk General Manager (GM) cukup dilihat dan dilaporkan secara otomatis melalui sistem. Kata Kunci: UPT. Balai Yasa Tegal, Sistem Perawatan, Sistem Informasi Perawatan, Sarana, Gerbong, Kereta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 07:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13546 |
Actions (login required)
View Item |