NAWASYARIF, MUHAMMAD (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN SYEKH AHMAD RIFA'I DALAM KITAB BAYAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (83kB) |
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (268kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (89kB) |
|
Text
BabI.pdf Download (260kB) |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
|
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (211kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Syekh Ahmad Rifai merupakan Pahlawan Nasional serta ulama yang produktif menulis 65 judul kitab dalam bahasa jawa dengan menggunakan tulisan arab pegon. Salah satunya adalah kitab Bayan yang membahas tentang pendidikan. Dalam hal ini penulis ingin menelaah tentang bagaimana nilai-nilai pendidikan Syekh Ahmad Rifa’i dalam kitab Bayan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab Bayan, sumber sekundernya adalah buku sejarah perjuangan beliau dan sumber tersiernya adalah kitab-kitab dan buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa Syekh Ahmad Rifai adalah salah seorang ulama jawa yang hidup pada masa penjajahan Belanda dan menjadi salah satu pejuang dakwah dan pejuang kemerdekaan, beliau menempuh pendidikan sejak jecil hingga di Indonesia hingga Timur Tengah yaitu Makah, Madinah dan Mesir selama 20 tahun. Nilai-nlai pendidikan yang ada dalam kitab Bayan karya Syekh Ahmad Rifai mencakup tujuan pendidikan, hukum pendidikan, rukun mengajar, syarat pendidik maupun murid. Kelebihan dalam kitab Bayan adalah kitab yang berbahasa jawa dan sangat mudah dipahami, sementara kekurangannya adalah Syaikh Ahmad Rifai belum menjelaskan secara rinci metode dan evaluasi pendidikan Islam. Nilai pendidikan Syekh Ahmad Rifai sangat relevan dengan pendidikan sekarang. Dengan demikian, sangat memungkinkan untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pendidikan pada masa kini, berdasarkan dalil-dalilnya. Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan , Ahmad Rifa’i
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:14 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 07:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13525 |
Actions (login required)
View Item |