IMPLEMENTASI PROGRAM BHABINKAMTIBMAS DI POLRES PURWOREJO (Studi Kasus tentang Tindak Pidana Penganiayaan Yang Terjadi di Wilayah Hukum Polres Purworejo)

Murdianto, Antonius Iwan (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM BHABINKAMTIBMAS DI POLRES PURWOREJO (Studi Kasus tentang Tindak Pidana Penganiayaan Yang Terjadi di Wilayah Hukum Polres Purworejo). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (829kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (228kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (242kB)
[img] Text
babI.pdf

Download (608kB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (263kB)

Abstract

Bhabinkamtibmas merupakan anggota Polri yang keberadaannya paling dekat dengan masyarakat di setiap desa/kelurahan, sehingga perannya sangat penting dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peran Bhabinkamtibmas dalam membantu penyelesaian tindak pidana penganiayaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Purworejo, hambatan yang muncul serta upaya mengatasi hambatan tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Sumber dan jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan, studi kepustakaan, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis kualitatif, dan untuk permasalahan diarahkan dengan menggunakan Teori Alternative Dispute Resolution serta Teori Restorative Justice (Keadilan Restoratif) Hasil penelitian menunjukkan, bahwa peran Bhabinkamtibmas dalam membantu penyelesaian tindak pidana penganiayaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Puworejo adalah sebagai fasilitator dan mediator. Sebagai fasilitator, bhabinkamtibmas menyediakan tempat, sarana dan prasana untuk proses mediasi yang biasa dilakukan di balai desa, dan sebagai mediator Bhabinkamtibmas memimpin proses mediasi. Kendala yang dihadapi Bhabinkamtibmas dalam membantu penyelesaian tindak pidana penganiayaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Purworejo adalah adanya pihak ketiga yang ikut campur dalam penyelesaian dan kurangnya kesadaran masyarakat baik yang sedang berkonflik maupun masyarakat sekitar. Upaya mengatasi kendala-kendala tersebut adalah dengan melakukan pendekatan secara intensif terhadap korban, pelaku dan keluarganya. Selain itu juga melakukan pembinaan dan penyuluhan hukum terhadap masyarakat tokoh masyarakat sekitar melalui tatap muka ataupun sambang. Kata kunci : Implemintasi, Bhabinkamtibmas, tindak pidana penganiayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:17
Last Modified: 19 Nov 2019 02:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13439

Actions (login required)

View Item View Item