KONTRIBUSI LITERASI KEUANGAN, PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PERILAKU AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Eksekutif UNISSULA)

Octavaini, Baiq Dhia Salma (2018) KONTRIBUSI LITERASI KEUANGAN, PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PERILAKU AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Eksekutif UNISSULA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (80kB)

Abstract

Besarnya pengeluaran kabutuhan non primer dipicu oleh pola hidup hedonisme. Yang menyebabkan dampak negatif bagi perkembangan mahasiswa sebagai agent of change suatu bangsa. Hedonisme selalu mengarah pada perilaku konsumtif yang tinggi dan tidak didasarkan pada pertimbangan rasional. Pemahaman literasi keuangan yang kurang, pembelajaran di perguruan tinggi yang tidak mudah di serap oleh mahasiswa, serta pengaruh pengalaman bekerja pada sebagian mahasiswa sehingga mengakibatkan penerapan perilaku akuntansi yang tidak tepat. Atas dasar penelitian terdahulu peneliti memberi judul kontribusi literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, dan pengalaman bekerja terhadap perilaku akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Populasi penelitian di kampus Seroja Unissula Semarang, dengan sampel sebanyak 57 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis datanya menggunakan uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi) analisis linier berganda, uji F, dan R2 Penelitian ini memberikan hasil yang valid dan reliabel atas ketiga variabel diatas. Dari hasil uji asumsi klasik, penelitian ini telah memenuhi asumsi kenormalan, tidak terjadi multikolinearitas, tidak mengandung adanya heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi. Hasil dari analisis linier berganda kontribusi literasi keuangan sebesar 0.116 atau 23,88%, besar kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi sebesar – 0.035 atau 63.928%, dan besar kontribusi pengalaman bekerja sebesar 0.138 atau 46.157% terhadap perilaku akuntansi mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa literasi keuangan dan pengalaman bekerja berkontribusi positif terhadap perilaku akuntansi, sedangkan pembelajaran di perguruan tinggi memberikan kontribusi negatif terhadap perilaku akuntansi. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti seluruh mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung, menambah jumlah pertanyaan dan menambah variabel seperti umur, gaya hidup, jenis kelamin, IPK, orang tua, dan lain-lain. Kata kunci : Literasi Keuangan, Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Pengalaman Bekerja, Perilaku Akuntansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:37
Last Modified: 18 Nov 2019 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item