PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS ANTARA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DENGAN FAKULTAS HUKUM (Studi Observasional mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang)

Wicaksono, Muhammad Rizal Bayu (2018) PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS ANTARA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DENGAN FAKULTAS HUKUM (Studi Observasional mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (897kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

HIV/AIDS merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi Human Immunodeficiency Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Pengetahuan tentang HIV/AIDS harus diperoleh dan dimiliki bagi tiap individu yang menginginkan selalu berada dalam kondisi sehat dan terlepas dari perilaku-perilaku yang bisa menjadi faktor penyebab tertularnya virus HIV/AIDS. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang HIV/AIDS antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan mahasiswa Fakultas Hukum. Penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Sampel berjumlah 42 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung angkatan 2017 dan 42 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung angkatan 2017. Uji chi square digunakan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang HIV/AIDS antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 42 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran, semua (100%) memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi tentang HIV/AIDS, sedangkan total dari 42 orang mahasiswa Fakultas Hukum sebanyak 13 orang (31,0%) mahasiswa yang memiliki tingkat pengetahuan sedang dan 29 orang (69,0%) memiliki tingkat pengetahuan tinggi tentang HIV/AIDS. Hasil uji chi square diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dan mahasiswa Fakultas Hukum. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dan mahasiswa Fakultas Hukum. Kata kunci : Pengetahuan HIV/AIDS, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:57
Last Modified: 24 Jun 2019 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12781

Actions (login required)

View Item View Item