PENINGKATAN KINERJA UMKM BATIK MELALUI ORIENTASI WIRAUSAHA, KAPABILITAS INOVASI DAN KEUNGGULAN BERSAING

Faizah, Nur (2018) PENINGKATAN KINERJA UMKM BATIK MELALUI ORIENTASI WIRAUSAHA, KAPABILITAS INOVASI DAN KEUNGGULAN BERSAING. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (929kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Orientasi Wirausaha dan Kapabilitas Inovasi berpengaruh terhadap kinerja melalui keunggulan bersaing sebagai intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha UMKM Batik yang ada di Pantura Jawa Tengah yang meliputu Semarang, Demak, dan Pati. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus, teknik sensus digunakan untuk populasi yang kecil atau kurang dari 100. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik sensus karena populasi mudah dijangkau. Pada penelitian ini jumlah UMKM yang ada di Jawa Tengah yang meliputi Semarang, Demak, Pati berjumlah 83 UMKM batik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Wirausaha dan Kapabilitas Inovasi berpengaruh positif terhadap Kinerja. Dan keunggulan bersaing menjadi variabel intervening antara Orientasi Wirausaha dan Kapabilitas Inovasi terhadap Kinerja. Sedangkan peneliti yang lain menyatakan bahwa Orientasi Wirausaha berpengaruh negatif terhadap Kinerja Perusahaan. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabel juga bersifat valid. Saran penulis yaitu pelaku UMKM Batik Jawa Tengah meliputi Semarang, Demak, dan Pati harus mengembangkan produk yang kreatif, berinovasi, berorientasi untuk menciptakan produk baru, pemasar produk yang saat ini masih lemah. Agar UMKM lebih berkembang dan dapat unggul dari pesaing, tidak kalah dari batik yang sudah terkenal di Indonesia yaitu batik Pekalongan. Kata kunci : Orientasi Wirausaha, Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Bersaing, Kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:31
Last Modified: 24 Jun 2019 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item