IMPLEMENTASI PENDEKATAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI YAYASAN KUTTAB AL-FATIH TEMBALANG SEMARANG 2018

HASANAH, HUSWATUN (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI YAYASAN KUTTAB AL-FATIH TEMBALANG SEMARANG 2018. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Pendekatan afektif merupakan suatu sudut pandang yang digunakan oleh para pendidik dalam mengambil langkah untuk menentukan metode pengajaran dengan tujuan agar proses pendidikan lebih humanis dan lebih mudah mencapai tujuannya. Domain afektif yang dijelaskan oleh Bloom beroperasi pada batin manusia. Ranah afektif adalah ranah perasaan, emosi dan seluruh kondisi psikologis lainnya. Pendidikan Agama Islam dapat dilaksanakan dengan pendekatan afektif melalui perencanaan yang matang, pemetaan lapangan ketika pelaksanaan,dan menentukan langkah evaluasi yang jitu untuk melihat perkembangan afeksi anak apakah ia cukup excited dalam mengikuti pelajaran. Sehingga tujuan akhir Pendidikan Agama Islam yang berupa perilaku bukan terjadi karena sebuah paksaan atau hanya karena sebuah pembiasaan.Pendekatan afektif ingin berusaha memastikan bahwa anak anak memiliki tanggungjawab yang besar mengenai pilihan pendidikannya. Untuk itulah penulis tertarik meneliti ini di Yayasan Kuttab Al-Fatih Tembalang, sebagaimana informasi yang penulis dapatkan, bahwa di Kuttab pendekatan seperti ini dikembangkan cukup baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Adapun sumbert data yang digunakan adalah data data primer dan sekunder yang semuanya berkaitan dengan implementasi pendekatan afektif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kuttab. Data dianalisis enggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelusuran penulis di lapangan, telah disimpulkan bahwa pendekatan afektif di Kuttab berjalan secara integral dalam seluruh mata pelajaran, sehingga secara keseluruhan berjalan efektif dan cukup efisien. Kata kunci : Implementasi, pendekatan, afektif, sikap, pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:59
Last Modified: 30 Apr 2019 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item