P.R., Widya Citra (2018) EFEKTIVITAS SOSIALISASI E-PORT CARD OLEH PT PELINDO III CABANG TANJUNG EMAS TERHADAP PEMBENTUKAN PERSEPSI DAN MINAT MENGGUNAKAN E-PORT CARD. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi.
|
Text
Abstrak.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BabI.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
||
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
||
|
Text
Cover.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
Daftarisi.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan di Indonesia yang pesat, membawa perubahan terhadap berbagai sektor. Salah satunya di sektor keuangan yang menghadirkan pembayaran non tunai. Hal ini juga dilakukan oleh PT Pelindo 3 Cabang Tanjung Emas dalam rangka mendukung gerakan non tunai, PT Pelindo 3 Cabang Tanjung Emas meluncurkan E-Port Card. Sosialisasi dipilih sebagai bentuk kegiatan komunikasi untuk memperkenalkan E-Port Card. Pentingnya sosialisasi yang efektif dan berkualitas diharapkan dapat membentuk persepsi positif dan minat menggunakan E-Port Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sosialisasi E-Port Card yang dilakukan oleh PT Pelindo 3 Cabang Tanjung Emas terhadap pembentukan persepsi dan minat menggunakan E-Port Card. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas komunikasi berdimensi ethos dengan teori pendukung yaitu teori persepsi dan teori minat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatori. Data primer dikumpulkan melalui hasil kuesioner terhadap 97 responden di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman rank dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh PT Pelindo 3 Cabang Tanjung Emas terhadap pembentukan persepsi dan minat menggunakan E- Port Card sudah efektif. Berdasarkan hasil analisis Spearman rank menunjukkan efektivitas sosialisasi mempunyai hubungan yang cukup kuat dan signifikan dengan pembentukan persepsi serta mepunyai hubungan yang lemah dan tidak signifikan terhadap minat menggunakan E-Port Card. Sedangkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa efektivitas sosialisasi berpengaruh positif terhadap pembentukan persepsi dan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan E-Port Card. Kata Kunci : efektivitas, sosialisasi, e-port card, pembentukan persepsi, minat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:52 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:52 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12446 |
Actions (login required)
View Item |