PENGARUH TOKEN EKONOMI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA/SISWI di TK ISLAM AL-MADINAH UNGARAN

Sartika, Surya (2018) PENGARUH TOKEN EKONOMI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA/SISWI di TK ISLAM AL-MADINAH UNGARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh token ekonomi terhadap keterampilan sosial pada siswa/siswi di TK Islam Al-Madinah Ungaran. Penelitian ini dilakukan terhadap 14 subjek dan menggunakan metode eksperimental dengan desain one group pre-test post-test, rancangan ini dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan tabel checklist observasi keterampilan sosial. Bentuk token yang diberikan berupa kertas berbentuk sticker yang diberi stempel logo sekolah agar tidak dapat ditiru. Uji analisis penelitian ini menggunakan wilcoxon signed. Hasil yang didapatkan terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok subjek I yang diberi intervensi sebanyak 4 sesi selama 411 menit mendapatkan hasil uji statistik z = -2,023 dengan p = 0,043 (two-tailed) < 0,05. Pada kelompok subjek II yang diberi intervensi sebanyak 1 sesi terakhir selama 104 menit mendapatkan hasil uji statistik z = -2,032 dengan nilai p = 0,042 (two-tailed) < 0,05. Penelitian ini membuktikan bahwa dengan diberikan intervensi token ekonomi selama 4 sesi dan 1 sesi mendapatkan hasil yang sama yakni mampu meningkatkan keterampilan sosial pada siswa/siswi di TK Islam Al-Madinah. Kata kunci: token ekonomi, keterampilan sosial, anak usia dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:49
Last Modified: 30 Apr 2019 01:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12388

Actions (login required)

View Item View Item