ASERTIVITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS BERDASARKAN JENIS SEKOLAH, JENIS KELAMIN DAN POLA ASUH ORANG TUA

Widyaningrum, Dian Nur (2018) ASERTIVITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS BERDASARKAN JENIS SEKOLAH, JENIS KELAMIN DAN POLA ASUH ORANG TUA. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan asertivitas siswa berdasarkan jenis sekolah dan jenis kelamin, dan pola asuh orang tua. Asertivitas adalah suatu kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain dan bersikap terbuka, jujur, tanpa menggunakan manipulasi terhadap orang lain. Sekolah, jenis kelamin dan pola asuh orang tua merupakan salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku asertif seseorang. Hipotesis yang diajukan yaitu, ada perbedaan asertivitas siswa berdasarkan jenis sekolah dan jenis kelamin, dan pola asuh orang tua. Sampel yang dilibatkan sebanyak 60 siswa SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang dan 60 siswa MAN 1 Boarding School Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Analysis of Varians Test. Penelitian ini menggunakan alat ukur skala asertivitas dengan reliabilitas sebesar 0,833 dan skala pola asuh orang tua dengan reliabilitas sebesar 0,626. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan asertivitas siswa yang signifikan berdasar kan jenis sekolah, F = 3,991 dan p = 0,048 (p<0,05). Selanjutnya, tidak ada perbedaan asertivitas yang signifikan berdasarkan jenis kelamin antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, F = 0,203 dan p = 0,653 (p>0,05), dan ada perbedaan yang signifikan asertivitas siswa berdasarkan pola asuh orang tua F = 11,562 dan p = 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan pada pihak orang tua dan sekolah dapat lebih meningkatkan perkembangan perilaku asertif anak menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci: Asertivitas, Jenis Sekolah, Jenis Kelamin, Pola Asuh Orang Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:47
Last Modified: 30 Apr 2019 01:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item