Saputra, Listian Ferry Dwi (2018) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN KREDIT DI BANK JATENG CABANG JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.
|
Text
Abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
babI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
babII.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
||
Text
babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
|
Text
Cover.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Daftarisi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
pernyataan_publikasi.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Kebijakan Bank dalam suatu perjanjian kredit, pencantuman ketentuan berlakuyang telah dibuat sepihak oleh pihak bank dalam bentuk perjanjian standard akan memberikan bank kewenangan yang tidak seimbang jika dibandingkan dengan nasabah debitur, karena pihak bank merupakan pihak yang lebih unggul secara ekonomis dari pada nasabah yang membutuhkan dana. Oleh karena itu diperlukan adanya perlindungan baginasabah terhadap ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan perjanjian kredit. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengkaji dan menganalisis Pelaksanaan Perlindungan Konsumen bagi debitur dalam perjanjian kredit di Bank Jateng ditinjau dari Undang - undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, 2) Untuk mengetahui penyelesaiannya apabila nasabah wanprestasi dan mengetahui solusinya. Metode penelitian menggunakan metode yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptis analisis. Pengumpulan data primer menggunakan teknik wawancara, observasi, kuesioner dan data sekunder menggunakan teknik kepustakaan. Analisis data menggunakan kualitatif dengan model analisis interaktif. Bank Jateng Cabang Jepara dipilih sebagai tempat penelitian sedangkan subyek penelitian yaitu Pimpinan dan Staf bagian Kredit Bank Jateng Cabang Jepara serta nasabah yang menerima kredit dari Bank Jateng Cabang Jepara. Hasil penelitian menunjukan pihak Bank Jateng Cabang Jepara dari isi perjanjian kreditnya, bila semakin banyak mencantumkan ketentuan – ketentuan yang dianggap memberatkan/ membebankan para nasabah kredit bank maka dalam hal ini kepentingan hukum pihak akan semakin terlindungi. Bank Jateng Cabang Jepara berupaya semaksimal mungkin dalam melindungi kepentingan hukum nasabah yaitu dengan cara menjelaskan, kepada nasabah isi dari perjanjian kredit sebelum ditanda tangani oleh kedua belah pihak, nasabah di beri kesempatan untuk membaca dan bertanya apabila ada ketentuan yang tidak di mengerti. Dalam hambatan saat terjadi wanprestasi di Bank Jateng Cabang Jepara, nasabah/ debitur rata-rata melakukan usaha di bidang mebel tetapi dalam usahanya mengalami kemacetan dalam pembayarannya. Sehingga untuk memenuhi prestasi perjanjian kredit bank jateng mengalami hambatan dalam mengangsur pinjaman.Solusi yang dilakukan pihak bank yaitu: Somasi yang merupakan peringatan agar debitur melaksanakan kewajiban sesuai dengan teguran ingkar janji yang telah disampaikan kreditur, Pihak bank melakukan restrukturisasi yaitu upaya yang dilakukan perbankan untuk kualitas kredit dari debitur, Apabila debitur tidak bisa memenuhi kewajibannya pihak bank akan menyita dan melakukan lelang jaminan yang tanggungkan, Debitur dikenakan dengan denda sebagai ganti kerugian. Untuk pihak nasabah/ debitur: Meminta keringanan bunga pada Bank Jateng Cabang Jepara, Meminta perpanjangan jangka waktu pembayarannya untuk memenuhi prestasinya, Sementara membayar bunga pinjaman sedangkan untuk pembayaran pokok pinjaman dibayar kemudian. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Perjanjian Kredit, Bank Jaten
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:40 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12220 |
Actions (login required)
View Item |