EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN ATAS PUTUSAN HAKIM YANG SUDAH MEMPUNYAI KEKUATAN HUKUM TETAP (Studi Kasus Terhadap Penetapan Eksekusi Nomor 04/Pen.Eks/2013/PN.Slw)

PRAKOSO, HARIS BAGUS (2018) EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN ATAS PUTUSAN HAKIM YANG SUDAH MEMPUNYAI KEKUATAN HUKUM TETAP (Studi Kasus Terhadap Penetapan Eksekusi Nomor 04/Pen.Eks/2013/PN.Slw). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang menyalurkan dananya kepada masyarakat lewat jasa perbankan yang disebut dengan kredit. Kredit merupakan jasa perbankan yang dikenal oleh masyarakat, semua orang tahu apa itu kredit. Namun, kredit juga mempunyai risiko, yaitu apabila kredit macet, maka objek yang dijadikan kredit akan dilelang oleh bank selaku kreditor. Jaminan hutang yang dapat dijual lelang sebelumnya akan dipasang Hak Tanggungan, yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda yang Berkaitan Dengan Tanah (UUHT). Pemberian Hak Tanggungan didahului dengan janji untuk memberikan Hak Tanggungan sebagai jaminan pelunasan utang tertentu, yang dituangkan di dalam bagian tak terpisahkan dari perjanjian utang-piutang. Dalam hal ini debitor menandatangani Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (SKMHT). pemberian Hak Tanggungan tersebut dilakukan dengan pembuatan Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT) oleh PPAT Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan eksekusi hak tanggungan atas putusan hakim yang telah mempinyai kekuatan hukum tetap di Pengadilan negeri Slawi, untuk mengetahui kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan eksekusi hak tanggungan di Pengadilan Negeri Slawi dan untuk mengetahui paya apa yang ditempuh oleh Pengadilan Negeri Slawi dalam menghadapi kendala tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pelaksanaan eksekusi hak tanggungan atas putusan hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap di Pengadilan Negeri Slawi melalui mekanisme yang diatur dalam sebagaimana diatur Pasal 20 dan Pasal 21UUHT. Dalam penelitian ini sebagai kreditor PT Bank Inetrnasional Indonesia (Persero) Tbk. PT Bank Inetrnasional Indonesia (Persero) Tbk sebagai kreditor merasa perlu menyelamatkan dananya yang dipinjam oleh debitor dengan alasan debitor cidera janji atau wanprestasi, sebelum dilakukan eksekusi terlebih dahulu objek jaminan hutang jual dengan cara pelelangan umum, apabila termohon tidak bersedia mengosongkan objek jaminan dengan sukarela, maka akan dilakukan eksekusi atas permohonan pemohon eksekusi dalam hal ini pemenang lelang, berdasarkan risalah lelang. Kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan eksekusi hak tanggungan di Pengadilan Negeri Slawi, adanya perlawanan pihak ketiga, adanya perlawanan dari Termohon eksekusi, amar Putusan tidak jelas dan Janji pengosongan objek Hak Tanggungan tgidak berjalan dengan efektif. Upaya dalam mengatasi kendala menghadapi perlawanan dari pihak ketiga, pihak Pengadilan Negeri Slawi tetap memeriksa perkara perlawanan dari pihak ketiga tersebut. Hambatan yang muncul seperti amar putusan tidak jelas, dalam hal ini jarang terjadi. Dalam mengatasi adanya perlawanan dari pihak ketiga pengadilan mengandeng aparat penegak hukum, seperti Polisi, TNI dan Polisi Pamong Praja untuk ikut serta mengamankan jalannya eksekusi Kata Kunci : Eksekusi Hak Tanggungan dan Putusan Hakim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:40
Last Modified: 30 Apr 2019 01:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item View Item