TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBAKARAN LAHAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA ACEH (Studi Kasus Terhadap Putusan Nomor : 131/Pid. B/2013/PN.MBO)

PUTRI, ANDARI AYU HUTAMA (2018) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBAKARAN LAHAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA ACEH (Studi Kasus Terhadap Putusan Nomor : 131/Pid. B/2013/PN.MBO). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu tindak pidana perusakan lingkungan hidup yang dilakukan oleh PT. Kallista Alamdengan cara melakukan pembakaran lahan secara ilegal di Kabupaten Nagan Raya Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tentang bagaimana putusan hakim terhadap pelaku tindak pidana pembakaran lahan dalam putusan nomor 131/Pid.B/2013 dari Pengadilan Negeri Meulaboh dan bagaimana pertimbangan hakim Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh d hukum pidana Islam atas tindak pidana pembakaran lahan secara ilegal. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif atau metode kepustakaan, dengan menganalisis sebuah putusan pengadilan negeri untuk dilihat aturan-aturan yang digunakan serta pelaksanaan putusan oleh pengadilan. Dengan cara melihat peraturan yang di dalam hukum positif terkait serta tentang kewenangan dari pihak terkait diharapkan penulis mampu memahami tentang bagaimana hukum lingkungan berjalan di Indonesia. Dalam penelitian ini memuat dua rumusan masalah untuk mengetahui dan meninjau terhadap putusan pengadilan (studi kasus terhadap putusan nomor : 131/Pid.B/2013/PN.MBO) diantaranya mengetahui bagaimana penyelesaian hukumnya dan bagaimana hukum pidana Islam terhadap pertimbangan hakim dalam putusan yang ditempuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengadilan yang ditempuh bersifat khusus, dibuktikan dengan digunakannya aturan-aturan yang diatur khusus di dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam pelaksanaan eksekusinya dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil), Jaksa Penuntut Umum, Majelis Hakim dan Panitera, Hakim Pengawas serta pengamat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tindak pidana pembakaran lahan termasuk dalam jarimahta’zirmenurut Hukum Pidana Islam. Hukumanjarimah ta’zir diancamkankepadaseseorang pembuat jarimahagarorang tersebuttidakmengulangi tindakkejahatan,juga memberi pelajaran kepada orang lain agar tidak berbuat jarimah. Kata Kunci : Tinjauan Yuridis, Tindak Pidana, Pembakaran Lahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:38
Last Modified: 30 Apr 2019 01:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12185

Actions (login required)

View Item View Item