REKONSTRUKSI FIQIH JUAL BELI MAŻHAB SYAFI’I DI TENGAH ARUS GLOBALISASI YANG BERBASIS NILAI KEADILAN ISLAM (Kajian atas Praktek Jual Beli Mażhab Syafi‘i di PPTQ al-Asyariyyah Wonosobo Jawa Tengah dan Pesantren al- al-Munawwir Krapyak Yogyakarta)

MACHFUDZ, MACHFUDZ (2018) REKONSTRUKSI FIQIH JUAL BELI MAŻHAB SYAFI’I DI TENGAH ARUS GLOBALISASI YANG BERBASIS NILAI KEADILAN ISLAM (Kajian atas Praktek Jual Beli Mażhab Syafi‘i di PPTQ al-Asyariyyah Wonosobo Jawa Tengah dan Pesantren al- al-Munawwir Krapyak Yogyakarta). Doctoral thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
babVI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pesantren tidak hanya sebagai lembaga pendidikan yang membentuk karakter umat Islam, tetapi juga basis dalam mempertahankan ajaran Islam yang dikaitkan dengan fiqih yang sebagian besar mengajarkan fiqih mażhab Syafi’i. Mażhab fiqih Syafi’i yang bercorak idealis-tradisonal merupakan mażhab mayoritas terbesar di asia termasuk di Indonesia, dalam perkembangan era globalisasi telah tereduksi sehingga menjadi mażhab minoritas di dunia muslim sekarang ini. Bahkan dunia muslim 3/4 lebih sudah dikuasai oleh mażhab Abu Hanifah yang bercorak rasional dan relalis. Sehingga tidak mustahil, Fiqih Jual Beli Mażhab Syafi’i semakin banyak ditinggalkan para pengikutnya seiring dengan kemajuan teknologi dan era globalisasi ini. Disinilah peneliti tertarik untuk mengkaji Rekonstruksi dan Eksistensi Fiqih Jual Beli Mażhab Syafi’i Di Pesantren Ditengah Arus Globalisasi Yang Berbasis Nilai Keadilan Islam di PPTQ al-Asy’ariyah Wonosobo dan PP al-Munawwir Krapyak Jogjakarta. Rumusan masalahnyaadalah, Pertama, Bagaimana Eksistensi Fiqih Jual Beli Mażhab Syafi’i di PPTQ al-Asy’ariyah Wonosobo Jawa Tengah dan Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak Yogjakarta Di Tengah Arus Globalisasi Yang Berbasis Nilai Keadilan Islam ?, Kedua, Bagaimana Kelemahan-Kelemahan Fiqih Jual Beli Mażhab Syafi’I PP al-Munawwir Krapyak Jogjakarta Ditengah Arus Globalisasi Yang Berbasis Nilai Keadilan Islam ?. dan Ketiga, Bagaimana Rekonstruksi Fiqih Jual Beli Mażhab Syafi’i Ditengah Arus Globalisasi Yang Berbasis Nilai Keadilan Islam ?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan studi kasus majemuk (multi-case studies). Dengan pendekatan tiga teori, yakni grand theory ditampilkan teori hukum progresif, middle range theory dipilih teori penegakan hukum dan keadilan Islam, dan applied theory dipilih teori mashlahah sebagai tujuan akhir maqâsid al-syari’ah. Dengan kesimpulan sebagai berikut : 1). Eksistensi praktik Jual Beli Fiqih Madhab Syafi’I di PPTQ al-Asyariyyah Wonosobo dan PP al-Munawwir Krapyak Yogjakarta sudah mulai bergeser dan berubah dari sistem jual beli Syafiiyah yang bersifat tradisional menuju system jual beli modern yang lebih praktis, simple seperti swalayan, Supermarket dan online. 2). Kelemahankelemahan Fiqih Jual Beli mażhab Syafi’i diantaranya adalah aqad jual belinya (ijab qabul) harus jelas dan dalam satu majlis, barang ada di tempat dan diketahui eleh kedua belah pihak, ada tawar menawar barang 3). Rekonstruksinya adalah merubah system traksaksinya. Dan pada hakekat jual beli dalam al-Qur’an, Hadis Nabi dan Fiqih adalah jual beli system modern yg membawa kemaslahatan dan keadilan sebagai tujuan pokok Maqashidus Syari’ah, seperti jual beli di swalayan, supermarket, jual beli online Kata Kunci : Fiqih Jual Beli, Mażhab Syafi’i

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:06
Last Modified: 30 Apr 2019 02:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item