PELAKSANAAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 1 TAHUN 2011 TENTANG PENETAPAN DAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (STUDI KASUS DI KABUPATEN TEGAL)

FAWAIZAH, INDANA (2018) PELAKSANAAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 1 TAHUN 2011 TENTANG PENETAPAN DAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (STUDI KASUS DI KABUPATEN TEGAL). Masters thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis Dengan Judul Pelaksanaan Alih Fungsi Lahan Pertanian Ke Non Pertanian Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Penetapan Dan Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Berdasarkan uraian dalam tesis ini, permasalahan yang akan di teliti adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Penetapan Dan Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan? 2) Bagaimana kendala-kendala dalam pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Penetapan Dan Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan solusinya? Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini terutama adalah pendekatan yuridis empiris. Yuridis empiris, adalah mengidentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam system kehidupan yang mempola. Pendekatan secara yuridis dalam penelitian ini, adalah pendekatan dari segi peraturan perundang-undangan dan norma-norma hukum sesuai dengan permasalahan yang ada, sedangkan pendekatan empiris, adalah menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Penetapan dan Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan yaitu tidak terjadinya harmonisasi antara Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2011 Pasal 35 ayat (2) sampai dengan Pasal 44 dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tegal Pasal 36, Pasal 60 sampai dengan Pasal 66. Hal ini disebabkan karena dalam Pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di Kabupaten Tegal mengacu pada peruntukan tata ruang, melalui perijinannya disetujui atau ditolak yang diputuskan dengan pertimbangan-pertimbangan, dan mekanisme serta monitoring yang kemudian membuat laporan ke Bupati. Selain itu juga pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian berdasarkan Perda RTRW Kabupaten Tegal dilakukan melalui Penetapan Peraturan Zonasi, Perijinan, Pemberian insentif dan diinsentif, Pengenaan sanksi.Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian terdapat pada faktor peraturan perundang-undangan dan faktor kebutuhan masyarakat. Solusi yang didapat dari kedua faktor tersebut adalah Peran serta Pemerintah Daerah dan masyarakat perlu ditingkatkan dalam rencana penataan ruang untuk memanfaatkan tanah sesuai peruntukannya agar fungsi sosial dalam mencapai aspek keadilan dapat terpenuhi dan Pemerintah sebaiknya melakukan penyuluhan terhadap masyarakat agar tahu tentang aturan yang mengatur alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian. Kata Kunci : Pelaksanaan, Alih Fungsi Lahan, Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:04
Last Modified: 30 Apr 2019 02:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12107

Actions (login required)

View Item View Item