PERAN NOTARIS DALAM PEMBAGIAN WARIS BERDASARKAN HAK WARIS BARAT DENGAN PERAN PENGADILAN AGAMA DALAM PEMBAGIAN WARIS BERDASARKAN HAK WARIS ISLAM

Al – Haolandi, Setya Qodar (2018) PERAN NOTARIS DALAM PEMBAGIAN WARIS BERDASARKAN HAK WARIS BARAT DENGAN PERAN PENGADILAN AGAMA DALAM PEMBAGIAN WARIS BERDASARKAN HAK WARIS ISLAM. Masters thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Barat dengan Peran Pengadilan Agama Dalam Pembagian Waris Islam.Untuk mengetahui kewenangan notaris dalam pembagian Waris berdasarkan Hukum Waris Barat dan Hukum Waris Barat.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, sedangkann metode pengumpulann data yang digunakan adalah library research dengan mengumpulkan bahan-bahan hokum yang ada dilapangan dan wawancara.Metode analisa data dilakukan secara kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan pada pokoknya Kewenangan Pertanggung jawaban notaris dalam pembuatan akta wasiat wajibah atas bagian anak angkat tetap mengikuti ketentuan dalam pasal 16 UUJN Undang-Undang No 2 Tahun 2014 Tentang Jabatan Notaris. Pasal 16 UUJN ini membuat ketentuan tentang syarat-syarat bagi notaris dalam membentuk suatu akta, jika salah satu syarat sebagaimana dimaksud tidak dipenuhi, akta yang bersangkutan hanya mempunyai kekuatan pembuktian sebagai akta dibawah tangan. Notaris yang melanggar ketentuan tersebut dapat dikenai sanksi berupa peringatan tertulis, pemberhentian dengan tidak hormat. Selain dikenai sanksi tersebut pihak yang menderita kerugian untuk menuntut penggantian biaya, ganti rugi, dan jika terbukti notaris melakukan pelanggaran terhadap UUJN seperti memalsukan identitas para pihak, memalsukan tandatangan, maka notaris dapat dimintai pertanggung jawaban secara pidana.Anak angkat akan dapat memperoleh harta dari orangtua angkatnya berdasarkan wasiat yang besarnya tidak boleh melebihi 1/3 (sepertiga) harta orang tua angkatnya yang telah meninggal dunia, bila orang tua angkatnya tidak meninggalkan wasiat maka dapat diberi berdasarkan wasiat wajibah, dan pemberi wasiat wajibah tidak boleh merugikan hak-hak dari ahli waris. Kalau anak angkat mendapatkan bagian wasiat wajibah yang melebihi 1/3 bagian, maka wasiat wajibah tidak batal demi hukum, melainkan harus dibatalkan dengan putusan pengadilan.Notaris memiliki kewenangan dalam pembagian waris islam tetapi menurut Notaris Sri Rochayati yang memiliki kewenangan penuh untuk menetapkan pengakuan secara hukum adalah pengadilan. Notaris dalam pembagian warisan berperan dalam pembuatan Akta Pernyataan Waris dan Surat Keterangan Hak Waris. Apabila terjadi sengketa, Notaris dapat membuatkanakta-akta perdamaian dan/atau perjanjian pelepasan haktuntutan.Kewenangan notaris dalam pembagian waris hanya terbatas pada waris barat (BW) dan mengapa pembagian waris islam tidak ditugaskan kepada notaris. Notaris memiliki kewenangan dalam pembagian waris islam tetapi menurut Notaris Sri Rochayati yang memiliki kewenangan penuh untuk menetapkan pengakuan dan pemutusan secara hukum adalah pengadilan. Notaris dalam pembagian warisan berperan dalam pembuatan Akta Pernyataan Waris dan Surat Keterangan Hak Waris. Apabila terjadi sengketa, Notaris dapat membuatkanakta-akta perdamaian dan/atau perjanjian pelepasan haktuntutan. Kata kunci : Pembagian Waris , UUJN (Undang-Undang Jabatan Notaris), Kewenangan Notaris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:23
Last Modified: 30 Oct 2018 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11904

Actions (login required)

View Item View Item