TINDAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN KARENA KELALAIAN DI WILAYAH HUKUM POLRESTABES SEMARANG (STUDI KASUS KECELAKAAN DI DEPAN HOTEL GRAHA SANTIKA SEMARANG JULI 2017)

Ananda, Fiska (2018) TINDAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN KARENA KELALAIAN DI WILAYAH HUKUM POLRESTABES SEMARANG (STUDI KASUS KECELAKAAN DI DEPAN HOTEL GRAHA SANTIKA SEMARANG JULI 2017). Masters thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1_COVER.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2_ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3_DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4_BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
File 5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
File 6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
File 7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
File 8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Image
publikasi.jpg

Download (833kB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Jumlah korban yang cukup besar akan memberikan dampak ekonomi/kerugian material dan sosial yang tidak sedikit. Dalam setiap kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan raya, tentunya mempunyai konsekuensi hukum bagi pengemudi kendaraan tersebut. Begitu juga terhadap pelaku kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian karena kelalaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya kecelakaan lalau lintas, apa tindakan hukumnya dan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam upaya penegakan hukum terhadap pelaku kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian karena kelalaian di Wilayah Hukum Polrestabes Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologis dengan metode penelitian deskriptif analitis. Sumber data diambil dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpul data, yaitu pengamatan atau observasi, wawancara atau interview dan kuesioner kepada responden. Analisa permasalahan dilakukan dengan Teori Penegakan Hukum, Teori Faktor-Faktor Penegakan Hukum dan Teori Kemanfaatan (Utilitarianisme). Hasil penelitian menunjukan bahwa, proses terjadinya kecelakaan lalu lintas di depan Hotel Santika yang mengakibatkan kematian korban karena kelalaian disebabkan oleh faktor manusia/pemakai jalan (pengemudi dan/ pejalan kaki), faktor kendaraan, faktor lingkungan dan faktor cuaca. Terhadap pelaku dapat diminta pertanggungjawaban pidananya baik ditinjau dalam hukum Islam maupun Hukum Positif Indonesia. Penerapan pertanggungjawaban pidana terhadap kasus kelalaian pengemudi yang menimbulkan kecelakaan sehingga korban meninggal dunia Pertanggungjawaban pidananya harus melakukan perbuatan pidana, mampu bertanggung jawab, dengan kesengajaan atau kealpaan, dan tidak adanya alasan pemaaf. Tindakan hukum yang dapat diberikan kepada pelaku karena kelalaiannya yaitu melalui proses pemidanaan sebagaimana diatur dalam KUHPidana maupun Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan dan Jalan sehingga dapat memberikan kepastian hukum dan rasa keadialan bagi semua pihak. Dalam upaya penegakan hukum tentunya terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penegakan hukum yang meliputi faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana dan fasilitas pendukung, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan. Kata Kunci: Tindakan Hukum, Kecelakaan Lalu Lintas, Kelalaian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:16
Last Modified: 30 Oct 2018 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item View Item