PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN (STUDI KASUS PUTUSAN NO. 156 PID.SUS / 2013 / PN.SLMN)

Novitasari, Dina (2018) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN (STUDI KASUS PUTUSAN NO. 156 PID.SUS / 2013 / PN.SLMN). Masters thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
FILE 8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan sebuah kelalaian, dan dapat dikatakan sebagai suatu tindak pidana apabila mengakibatkan terjadinya kerugian baik materi maupun korban jiwa. Seperti kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh anak dibawah umur yang mengakibatkan korban meninggal dunia, dimana dalam rangka upaya penegakan hukumnya ditempuh dengan menerapkan model restorative justice melalui diversi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang penegakan hukum terhadap kasus kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh anak dibawah umur yang mengakibatkan korban meninggal dunia, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan dalam penyelesaian kasus kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh anak dibawah umur yang mengakibatkan korban meninggal dunia di Wilayah Hukum Polres Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dengan metode penelitian deskriptif analitis. Sumber data diambil dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpul data, yaitu pengamatan atau observasi, wawancara atau interview dan kuesioner kepada responden. Analisa permasalahan dilakukan dengan Teori Penegakan Hukum, Teori Faktor-Faktor Penegakan Hukum dan Teori Kontrol Sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa, upaya penegakan hukum terhadap anak dibawah umur dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia menggunakan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1997 tentang Peradilan Anak. Belum dapat diterapkannya upaya Diversi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, mengingat tempus atau waktu terjadinya pidana sebelum dikeluarkan Undang-Undang tersebut. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi dalam upaya penegakan hukum meliputi faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana prasarana, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan. Kelima faktor tersebut memberikan pengaruh dalam rangka menerapkan upaya restorative justice yang bertujuan untuk memberikan rasa keadilan maupun perlindungan terhadap hak-hak anak. Sehingga untuk mengatasi hambatan dalam penyelesaian kasus kecelakaan lalu lintas yang dilakukan anak dibawah umur yang mengakibatkan korban meninggal dunia di Wilayah Hukum Polres Sleman, dapat dilakukan dengan mengedepankan kontrol sosial yang meliputi attachment (kasih sayang), commitment (tanggung jawab), involvement (keterlibatan atau partisipasi) dan believe (kepercayaan atau keyakinan). Kata Kunci: Penegakan Hukum, Kecelakaan Lalu Lintas, Anak dibawah Umur

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:16
Last Modified: 30 Oct 2018 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11859

Actions (login required)

View Item View Item