PERAN SATLANTAS POLRES REMBANG DALAM MENANGGULANGI TINGGINYA KECELAKAAN AKIBAT PARKIR LIAR (Studi Kasus di Kabupaten Rembang)

Sugiyanto, Bhakti Satriya Perdana (2018) PERAN SATLANTAS POLRES REMBANG DALAM MENANGGULANGI TINGGINYA KECELAKAAN AKIBAT PARKIR LIAR (Studi Kasus di Kabupaten Rembang). Masters thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Kepolisian Negara Republik Indonesia atau biasa secara singkat Polri adalah instrumen negara yang berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka menjaga keamanan dalam negeri. Unit lalu lintas itu sendiri merupakan bagian dari Polri yang merupakan unsur pelaksana utama di bawah Kapolri. Kecelakaan merupakan peristiwa yang tak terduga dan tidak disengaja, sementara selanjutnya dijelaskan dalam undang-undang bahwa kecelakaan lalu lintas adalah kejadian tak terduga dan tidak disengaja yang melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lainnya yang mengakibatkan manusia dan / atau kehilangan harta benda. Peristiwa kecelakaan lalu lintas yang marak terjadi terutama di Kabupaten Rembang yang sebagian besar didominasi akibat adanya parkir liar yang terjadi terutama di 2 (dua) kabupaten yaitu Lasem dan Kaliori, dimana di kedua kabupaten tersebut banyak sekali ditemukan adanya warung-warung di pinggir jalan sehingga banyak dimanfaatkan oleh pengendara Truk untuk beristirahat sejenak/ makan/ bahkan sembari tidur-tiduran. Kondisi jalan yang sempit dimana tidak terdapat lahan parkir sehingga banyak kendaraan yang memanfaatkan bahu jalan untuk parkir dan menghalangi kendaraan lainnya. Hal ini diperparah dengan kontur jalan yang hanya terdiri dari 2 (dua) jalur berlawanan arah sehingga apabila ada kendaraan dari belakang akan menyalip kendaraan di depannya, maka kendaraan tersebut harus mendahului dari sebelah kiri dan pada prakteknya keadaan di lajur sebelah kiri/ bahu jalan sudah dipergunakan untuk lahan parkir. Hal tersebut mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi akibat parkir liar ini mendorong keikut sertaan Sat Lantas Polres Rembang beserta pemerintah daerah untuk mencari penyelesaian terbaik dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Kata kunci: Kecelakaan lalu lintas, parkir liar,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:16
Last Modified: 30 Oct 2018 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11857

Actions (login required)

View Item View Item