IMPLEMENTASI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM BIDANG PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP KASUS ILLEGAL LOGGING (STUDI KASUS POLRES REMBANG)

Lukito, Wahyu (2018) IMPLEMENTASI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM BIDANG PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP KASUS ILLEGAL LOGGING (STUDI KASUS POLRES REMBANG). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Perusakan hutan sudah menjadi kejahatan yang berdampak luar biasa, terorganisasi, dan lintas negara yang dilakukan dengan modus operandi yang canggih, telah mengancam kelangsungan kehidupan masyarakat sehingga dalam rangka pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan yang efektif dan pemberian efek jera diperlukan landasan hukum yang kuat dan yang mampu menjamin efektivitas penegakan hukum. Berdasarkan hal tersebut, penulis mempunyai tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: Untuk mengetahui dan menganalisa implementasi pelestarian lingkungan hidup dalam bidang penegakan hukum pidana terhadap kasus illegal logging, Untuk mengetahui dan menganalisa hambatan yang dihadapi oleh Polres Rembang sebagai penegak hukum dalam menegakkan hukum terhadap kasus illegal logging, Untuk mengetahui dan menganalisa solusi bagi Polres Rembang dalam mengatasi hambatan pada penegakan hukum pada kasus illegal logging. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Spesifikasi dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis yaitu memberi gambaran secara rinci, sistematis dan menyeluruh dengan mengelompokkan, menghubungkan, membandingkan serta memberi makna tentang aspek hukum yang ada kaitannya dengan implementasi pelestarian lingkungan hidup dalam bidang penegakan hukum pidana terhadap kasus illegal logging. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui: (1) Untuk mengetahui dan menganalisa implementasi pelestarian lingkungan hidup dalam bidang penegakan hukum pidana terhadap kasus illegal logging dimana Peran hukum di Indonesia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup terhadap kegiatan illegal logging meliputi produk hukum berupa Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dan pada Kitab Undang-undang Hukum Pidana yang pada beberapa pasal memiliki fungsi dalam menegakan hukum atas tindakan illegal logging. (2) Untuk mengetahui dan menganalisa hambatan yang dihadapi oleh Polres Rembang sebagai penegak hukum dalam menegakkan hukum terhadap kasus illegal logging dalam hal pelaksanaan ada hambatan-hambatan yang dialami institusi khususnya kepolisian baik hambatan internal maupun eksternal dalam memberantas tindakan illegal logging. (3) Untuk mengetahui dan menganalisa solusi bagi Polres Rembang dalam mengatasi hambatan pada penegakan hukum pada kasus illegal logging yang dalam hal ini Polres Rembang berupaya mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi baik hambatan eksternal maupun internal dengan berbagai solusi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja sebagai penegak hukum sebagai acuan keberhasilan bagi Polres Rembang di masa datang dalam menangani kasus tindak pidana illegal logging. Kata Kunci: Lingkungan Hidup, Penegakan Hukum, Illegal Logging.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:16
Last Modified: 30 Oct 2018 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item