Bagus, Mohamad Den (2018) BENTUK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI KERETA API DI DAOP 4 SEMARANG PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.
|
Text
1.COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
|
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Kereta api sebagai salah satu moda transportasi yang paling diminati saat ini, menjadi pilihan utama bagi pengguna jasa angkutan umum, karena berbagai macam pertimbangan diantaranya kereta api merupakan salah satu moda transportasi angkutan darat yang memiliki banyak kelebihan. Namun kenyataannya konsumen selalu berada pada posisi yang lebih rendah dalam hubungannya dengan pelaku usaha, baik secara ekonomis, tingkat pendidikan, maupun kemampuan atau daya bersaing/daya tawar. Adapun rumusan tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa transportasi kereta api di DAOP 4 Semarang PT. Kereta Api Indonesia (Persero), 2) prosedur penyelesaian perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi kereta api di DAOP 4 Semarang PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Metode pendekatan yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan yuridis sosiologis (sosial legal research) dengan tipe penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif-berfokus masalah (problem focused research). Metode pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan, pengamatan (observasi), wawancara (interview). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder yang meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder sedangkan metode analisi data mengunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian adalah: 1) Bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa transportasi kereta api berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, tertuang dalam Pasal 4. dan hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya, yaitu Pasal 7, Pasal 8 ayat (1), Pasal 19, Pasal 23, Pasal 26, Pasal 60, dan Pasal 63. Sedangkan bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa transportasi kereta api berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, antara lain: Pasal 54 ayat (1); Pasal 96; Pasal 125; Pasal 133 ayat (1); Pasal 157 ayat (1); Pasal 172; Pasal 187 ayat (1), Pasal 189, Pasal 207, Pasal 211). 2) Prosedur penyelesaian perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi kereta api, antara lain: a) Mengajukan keluhan dan menyampaikan saran; b) Konsumen dapat mengajukan gugatan; c) Meminta klaim asuransi apabila terjadi kecelakaan. Adapun secara umum, terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh konsumen pengguna jasa kereta api, antara lain: ketidakjelasan informasi jadwal kereta api, kedatangan kereta tidak sesuai dengan jadwal, sarana dan prasarana yang kurang terawat, keamanan dan keselamatan penumpang, dan Kecelakaan kereta api. Kata Kunci: Pelindungan hukum, Konsumen, Transportasi kereta api.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 03:14 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 03:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11840 |
Actions (login required)
View Item |