TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I UNTUK DIRI SENDIRI DALAM SURAT DAKWAAN JAKSA PENUNTUT UMUM DI WILAYAH HUKUM SEMARANG (Studi Kasus Kejaksaan Negeri Semarang)

Septiana, Winda Ayu (2018) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I UNTUK DIRI SENDIRI DALAM SURAT DAKWAAN JAKSA PENUNTUT UMUM DI WILAYAH HUKUM SEMARANG (Studi Kasus Kejaksaan Negeri Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan jaman Narkotika dianggap sebagai barang yang berbahaya dan menakutkan. Dampak dari penyalahguna Narkotika jelas sangat merugikan dan membahayakan kehidupan masyarakat,bangsa, dan negara. Segala macam bentuk tindak penyalahgunaan Narkotika, seperti halnya Narkotika Golongan I diancam pidana penjara. Demikian dengan pelaku tindak pidana peredaran gelap Narkotika Golongan I juga diancam dengan pidana penjara. Sebagai kasus pidana, tindak penyalahgunaan maupun peredaan gelap Narkotika adalah tugas Kejaksaan Republik Indonesia untuk memproses kasusnya hingga tuntas sesuai dengan aturan hukum yang belaku. Didalam kenyataanya, Jaksa melakukan suatu penuntutan kasus penyalahgunaan Narkotika tidak hanya menggunakan Pasal penyalahguna saja akan tetapi Jaksa juga menggunakan Pasal menyimpan dan Pasal pengedar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis.yaitu tidak hanya melihat dari sudut peraturan-peraturan atau hukum positif yang berlaku, yaitu dengan menemukan hukum yang ada dilapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada kenyataan yang ada. Penelitian hukum yuridis sosiologis terutama menelitian data primer disamping juga mengumpulkan data yang bersumber dari data sekunder (kepustakaan). Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan Pasal penyalahguna terhadap tindak pidana Narkotika di Kejaksaan Negeri Semarang sudah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Jaksa penuntut umum dalam menyusun surat dakwaan Narkotika menggunakan bentuk dakwaan subsidair. Hambatan-hambatan dalam penerapan Pasal terhadap tindak pidana Narkotika yaitu mengenai terdakwa tidak jujur dalam proses penyelidikan, modus operandinya sangat bervariasi serta para pihak Kepolisian yang juga sering merekayasa kasus. Kata Kunci : Penyalahguna Narkotika, Surat Dakwaan, Jaksa Penuntut Umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Oct 2018 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11828

Actions (login required)

View Item View Item