ANALISIS YURIDIS UPAYA HUKUM PENYELESAIAN KASUS GUGATAN WANPRESTASITERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI TANAH (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Semarang)

Sari, Vindam Mutiara Permata (2018) ANALISIS YURIDIS UPAYA HUKUM PENYELESAIAN KASUS GUGATAN WANPRESTASITERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI TANAH (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Tanah adalah sumber daya alam yang sangat diperlukan manusia untuk mencukupi kebutuhan, baik langsung untuk kehidupan seperti bercocok tanam atau tempat tinggal, maupun untuk prasana lainnya. Upaya untuk mendapatkan tanah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah jual beli. Namun dalam prakteknya jual beli sering kali terjadi masalah dikemudian hari, salah satunya adalah wanprestasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pelaksanaan perjanjian jual beli tanah yang dilakukan dihadapan pejabat yang berwenang di Kota Semarang serta mengetahui upaya hukum bagi para pihak jika terjadi wanprestasi dalam perjanjian jual beli tanah dan penyelesaiannya. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologi, untuk mendekatkan pokok permasalahan digunakan spesifikasi penelitian deskriptif anailitif.Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diproleh dengan wawancara sedangkan data sekunder dengan membaca dan mengkaji bahan-bahan kepustakaan yang setelah itu dianalisis dengan menggunakan cara analisa data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang teelah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa apabila dalam transaksi jual beli tanah harus melalui notaries atau pejabat pembuat akta tanah (PPAT) serta apabila salah salah satu pihak melakukan wanprestasi maka penyelesaiannya dapat diajukan gugatan ke pengadilan. Kata Kunci :Wanprestasi, Perjanjian Jual Beli, Gugatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Oct 2018 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item